7 Fakta Young Lex, Ditinggal Sang Ayah dari Umur 5 Tahun hingga Kontroversinya

ADVERTISEMENT

7 Fakta Young Lex, Ditinggal Sang Ayah dari Umur 5 Tahun hingga Kontroversinya

Nanda Alifah - detikHot
Jumat, 22 Jan 2021 07:02 WIB
Young Lex
Profil Young Lex Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Samuel Alexander Pieter atau yang lebih dikenal dengan nama Young Lex adalah seorang penyanyi rapper Indonesia. Young Lex memulai karirnya di tahun 2011 dengan menjadi seorang penyanyi beraliran hip hop.

Kala itu, namanya menjadi buah bibir lantaran video-video aksi nge-rap yang diunggahnya di channel YouTube menjadi viral.Setelah dikenal, ia kerap membuat heboh publik lantaran sosoknya beberapa kali mengeluarkan pernyataan kontroversial. Sebut saja di antaranya pernyataan terkait Iwa K, hingga klaim yang membawa-bawa nama grup idola K-pop, BLACKPINK.

Terlepas dari kontroversinya, ia termasuk seorang rapper yang cukup produktif dalam berkarya. Sampai tahun 2019, Young Lex sudah punya satu album dan belasan single di mana ia menggandeng musisi-musisi ternama untuk berkolaborasi, mulai dari Kemal Palevi, Gamaliel, bahkan Anji.

Pernah Jualan Nasi Uduk

Sebelum menjadi rapper fenomenal, Young Lex hanyalah orang biasa yang berjuang untuk hidup di tengah kerasnya ibukota. Saat masih berusia 5 tahun, ia telah ditinggalkan sang Ayah dan hanya hidup berdua dengan sang Ibu.

Lantaran tidak terlahir dari keluarga kaya, Young Lex pernah berjualan nasi uduk ketika duduk di bangku SMP. Nasi uduk itu dibeli dari penjual di dekat rumahnya seharga Rp5000, kemudian dijualnya dengan harga Rp7000.

Jadi Office Boy dan Karyawan Bioskop

Lulus SMA, pria bertato ini terpaksa melepaskan impiannya untuk kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) karena ketiadaan biaya. Ia sempat menghabiskan waktunya dengan sekadar nongkrong sampai akhirnya bertemu dengan Felix (Flizzy). Keduanya pun memperlajari musik hip hop dan beatboxing.

Namun, segalanya ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk bisa terus mengasah kemampuan, Young Lex membutuhkan uang. Akhirnya, ia pun bekerja sebagai seorang office boy dan pernah menjadi karyawan di bioskop demi mendapatkan biaya untuk melakukan rekaman.

Selain merekam lagu, ia juga membuat videoklip lagu rap yang kemudian diunggah di YouTube. Dari situlah namanya mulai dikenal dan dipanggil untuk mengisi acara musik.

Rapper

Perjuangan Young Lex untuk menjadi rapper membuahkan hasil setelah video-video rapp-nya viral di YouTube. Pria campuran Batak dan Ambon ini memulai karier sebagai rapper di 2011. Pada 2013, lagunya yang berjudul Ini Gaya Gue dirilis ulang dan dibawakan secara kolaborasi dengan rapper Iwa K, serta dijadikan soundtrack film King of Rock City.

Semenjak itulah ia mulai rajin menelurkan single solo maupun kolaborasi dengan banyak musisi. Beberapa musisi yang pernah menjadi rekan kolaborasinya antara lain, Gamaliel personel GAC di lagu Slow, Kemal Palevi dan Mack G di Anjayyyyyy, hingga Anji di single bertajuk Flashback.

Dari belasan lagu yang pernah dirilisnya, salah satu yang paling terkenal adalah O Aja Ya Kan yang termasuk dalam album YOGS (Young Original Gila Swag) (2015). Ada pula single berjudul Bad yang tak kalah fenomenal lantaran ia menggandeng sosok sensasional, yaitu Awkarin.

Kontroversi

Kehidupan dan perjalanan karier rapper milenial yang satu ini seolah tak dapat dipisahkan dari kontroversi. Sejak awal kemunculannya, ia sudah mengundang perhatian publik dan para musisi di tanah air, khususnya di industri musik hip hop.

Tahun 2016, Young Lex membuat gempar jagat musik hip hop Indonesia gara-gara komentarnya dalam salah satu sesi wawancara dengan sebuah televisi swasta. Kala itu, ia diberi pertanyaan soal ada atau tidaknya rapper Indonesia yang pantas disebut sebagai legenda.

Dalam wawancaranya, ia menyatakan belum ada satupun rapper tanah air yang layak disebut legenda, bahkan untuk penyanyi hip hop sekelas Iwa K. Menurutnya, Iwa K yang selama ini dianggap legenda hip hop belum memenuhi syarat untuk disebut demikian.

Pernyataan tersebut pun ditanggapi oleh rapper yang pernah booming di era 90-an itu. Ia mengaku pihak Young Lex menghubunginya untuk meluruskan wawancara yang katanya diplintir media.

Selain kontroversinya dengan Iwa K, Young Lex juga pernah terlibat perseteruan yang cukup menghebohkan dengan Awkarin. Semua berawal setelah kepergian mendiang Oka Mahendra Putra, mantan kekasih Awkarin.

Oka adalah pemilik Takis Entertainment, manajemen artis yang menaungi Awakrin dan Young Lex. Sepeninggal Oka, Awkarin menulis di akun Instagram tentang bagaimana sikap Young Lex yang dinilai tidak menghormati almarhum.

Tak berhenti sampai di situ, Awkarin juga kembali menyindir Young Lex melalui vlog di YouTube sekitar akhir 2018. Ia mengaku mendengar Young Lex menyebutnya sebagai orang yang tidak tahu terima kasih.

Sayangnya, Young Lex tidak menanggapi pernyataan Awkarin dengan kalimat panjang lebar. Di tengah sindiran yang diarahkan padanya, ia hanya menuliskan kalimat berbunyi "Diam itu emas" melalui Insta Story.

Berseteru dengan Fans K-Pop

Pertengahan 2018, rapper yang juga berprofesi sebagai YouTuber ini juga sempat berseteru dengan penggemar K-pop, khususnya fans BLACKPINK. Semua berawal setelah ia mengunggah video unboxing album terbaru BLACKPINK yang dibeli langsung dari Korea Selatan.

Di video itu, ia membuka-buka album dan photocard, serta memuji kecantikan para member. Akan tetapi, yang menjadi perhatian penggemar K-pop adalah ketika pelantun lagu Teman Palsu ini mengucapkan kata-kata tak senonoh yang dianggap melecehkan BLACKPINK. Alhasil, ia pun banyak dikecam, tidak hanya oleh fans Lisa cs dari dalam negeri, tetapi juga mancanegara.

Belum sempat berdamai dengan BLINK, Young Lex justru kembali menyulut api lewat postingan lain di akun Instagram. Dalam postingannya, ia mengunggah foto muka babak belur dan mengaku baru saja dihajar penggemar K-pop.

"Tadi gue mau dateng ke MnG abis live di Cube, trus gue berantem sama k-popers garis keras dan securitynya, alhasil gini deh Doain cepet sembuh ya. Pelakunya bales? Apa tangkep?" tulisnya merujuk pada acara Meet & Greet Lisa yang berlangsung di Jakarta, 9 Agustus 2018.

Hal ini sontak membuat K-popers bereaksi. Mereka ramai mengirimkan pesan melalui berbagai platform media sosial kepada pihak penyelenggara acara dan menanyakan perihal kebenaran berita tersebut. Pihak penyelenggara mengklaim bahwa Meet & Greet bersama Lisa BLACKPINK berlangsung aman dan kondusif.

Mengetahui kehebohan fans, Young Lex mengunggah video berisi klarifikasi yang menyatakan bahwa klaimnya di foto sebelumnya adalah hoax. Bekas luka lebam di wajahnya merupakan hasil make up, bukan akibat dihajar. Sembari mengklarifikasi, ia juga berpesan pada warganet supaya tidak langsung percaya pada berita yang mereka lihat di internet tanpa mengecek kebenarannya.

Menikah dengan Eriska Nakesya

Rapper Young Lex menepati janjinya untuk berbicara blakblakan seputar pernikahannya. Didampingi bersama Eriska Nakesya, sang istri, Young Lex membeberkan, menikah pada 20 Juni 2019.

"Jadi, kami itu pacaran Februari 2019 dan menikah di Cibubur pada 20 Juni 2019. Kami menikah, sebulan setelah Eriska dinyatakan hamil. Jadi genks, ya Eriska hamil duluan," kata Young Lex seperti dikutip dari vlog pribadi sang rapper berjudul Hamil di Luar Nikah? Klarifikasi 7 Bulanan yang diunggah pada 27 Oktober 2019.

Young Lex membeberkan, siap dengan semua konsekuensi yang ada di depannya. Anak, baginya merupakan berkat yang tak semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah.

"Gue percaya, sesusah apapun kondisi gue, anak punya rezekinya sendiri. Keluarga juga menyambut baik kehamilan Eriska. Gue memang pengen banget menikah dan punya anak," ungkapnya menambahkan.

Young Lex menilai, Eriska Nakesya adalah sosok wanita yang sangat wife material.

"Setelah pacaran, aku tahu dia cocok untuk dijadikan istri. Dia nurut sama suami," ungkap Young Lex.

Young Lex Tak Hadir Menemani Istri Melahirkan

Istri Young Lex telah melahirkan buah hati mereka melahirkan secara normal pada Minggu (22/12/2019). Kabar ini dibenarkan oleh manajer Young Lex Pram.

"Benar banget (istri Young Lex melahirkan), saat Subuh. Kalau enggak salah di Cibubur," ucap Pram via telepon, Minggu (22/12/2019).

Sayang Young Lex tak bisa mendampingi istrinya melahirkan karena terbentur jadwal pekerjaan. Namun, kata Pram, Young Lex segera bertolak menuju Jakarta setelah mendapat kabar istrinya melahirkan.

"Benar (tak mendampingi), kan saya juga lagi di Makassar dari kemarin malam, tapi Young Lex langsung first flight (pulang) tadi subuh," ucap Max.

Sementara itu Young Lex mengakui salah memprediksi tanggal persalinan Eriska. Gara-gara itulah dia tidak bisa mendampingi istrinya.

"Perkiraan dokter tanggal 4 Januari 2020 makanya kemarin tanggal 21 Desember 2019 gue sudah rencanain itu job terakhir luar kota gue mendekati lahiran. Akhirnya gue enggak bisa hadir dan temenin istri gue proses persalinan sedih banget :( tapi dia Hebat banget @eriskanakesya bisa lewatin prosesnya!!" ucap Young Lex seperti dikutip dari akun Instagram-nya, Minggu (22/12/2019).



Simak Video "Young Lex Mengaku Tahu Adam Deni Pernah Berniat 'Menjebak' Dirinya"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT