Kenalan dengan Billkin, Bintang Bersinar dari Thailand

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 21 Okt 2021 17:30 WIB
Billkin
(Foto: dok. Instagram @nadaobangkok) Dari serial televisi I Told Sunset About You ke deretan single seperti IXO dan Once & Forever, Billkin meroket jadi bintang Thailand yang bersinar.
Jakarta -

Pandemi COVID-19 adalah masa-masa suram buat banyak orang, termasuk mungkin kamu. Ruang gerak yang terbatas, social distancing, dan kewajiban menggunakan masker selama hampir dua tahun ini sedikit banyak bikin stres juga. Tapi nggak bisa bohong kalau sebagian dari kita juga belajar banyak hal baru yang menyenangkan demi meningkatkan imun agar selalu bahagia. Ada yang mulai nonton drama Korea lalu aktif menyuarakan #TimHanJiPyeong atau #TimNamDosan, ada juga yang mulai terpapar serial Thailand.

Thailand nggak cuma dikenal sebagai surga belanja dan liburan tapi juga surga buat cerita-cerita komedi romantis. Film-film yang diperankan Baifern Pimchanok Luevisadpaibul hampir selalu jadi pilihan buat ditonton di bioskop karena dijamin menghibur. Nama-nama seperti Mew Suppasit dan Gulf Kanawut atau Bright Vachirawit dan Win Metawin mendadak meroket dan selalu nampang di trending topic Twitter. Kalau suatu hari kamu pernah melihat judul serial Thailand I Told Sunset About You wara-wiri di linimasa, hampir pasti kamu juga akan melihat nama Billkin di sana.

Billkindetikhot secara eksklusif mewawancarai Billkin buat penggemar di Indonesia! Foto: dok. Instagram @nadaobangkok

Billkin punya nama lengkap Putthipong Assaratanakul. Kelahiran 8 Oktober 1999 ini sekarang tengah dihujani banyak cinta dari para penggemar di Asia bahkan seluruh dunia. Mengawali kariernya di televisi sejak 2016, Billkin mengaku jatuh cinta dengan dunia hiburan sejak usia kanak-kanak.

"Aku selalu menikmati semua jenis produk hiburan mulai dari serial televisi, film, musik, dan lain-lain," kata Billkin dalam wawancara eksklusif dengan detikcom.

Besarnya dukungan dari keluarga buat melakukan hal yang dia sukai ini menjadikan Billkin nyaman meniti kariernya dari satu acara televisi ke acara televisi lain. Nadao, manajemen artis yang kini menaunginya, melirik Billkin dan melihat potensi yang dimiliki cowok kelahiran Bangkok, 22 tahun yang lalu itu. Lewat manajemen ini juga dia akhirnya dibuatkan serial coming of age berjudul I Told Sunset About You dan disatukan dengan PP Krit, sosok yang disebut Billkin sangat penting dalam perjalanan karier serta hidupnya.

Dalam serial itu, Billkin memainkan peran utama bernama Teh, seorang remaja asal Phuket yang tengah mencari jati diri, mengejar mimpi, dan berusaha menerjemahkan perasaannya terhadap teman masa kecilnya. Naik dan turun kehidupan Teh di tahun terakhir SMA-nya mengaduk-aduk emosi penonton. Teh merupakan representasi dari rumitnya hidup seorang remaja ketika harus menjelaskan perasaannya kepada orang-orang terdekat.

BillkinBillkin sebagai Teh di I Told Sunset About You. Foto: dok. Instagram @nadaobangkok

Tak hanya berakting di I Told Sunset About You, mengikuti "tradisi" dari serial Thailand, Billkin juga menyanyikan soundtrack dari drama remaja tersebut. Lewat Skyline, Can't Translate, dan Freaking Special, Billkin menyajikan melodi yang selaras dengan tema melankolis dari serial televisinya. Baik serial dan soundtrack-nya pun diganjar deretan penghargaan bergengsi di Thailand.

Billkin memenangkan penghargaan di kategori Best Leading Actor di 17th Komchadluek Awards, Best Actor di Yniverse Awards 2020, dan Best Actor for Online Drama Series di 12th Nataraj Awards untuk aktingnya di I Told Sunset About You. Buat soundtrack dari drama itu dia diganjar penghargaan Yniverse Awards 2020 untuk Best Official Soundtrack buat lagu Can't Translate, New Artist of the Year buat Joox Thailand Music Awards 2021, dan Best Thai Song di Line TV Awards 2021 buat lagu Skyline.

Serial I Told Sunset About You juga menerima penghargaan dari Seoul International Drama Awards 2021 sebagai International Drama of the Year. Billkin bersama dua rekannya, PP Krit dan Khunpol diundang ke Seoul, Korea Selatan, buat menerima penghargaan tersebut pekan ini.

Di luar proyek soundtrack serial I Told Sunset About You (yang kemudian dilanjutkan ke sekuel I Promised You the Moon), Billkin juga sudah merilis sederet single solo. Tahun ini saja, Billkin meluncurkan dua single berjudul IXO dan Once & Forever.

[Gambas:Youtube]

Billkin cerita banyak hal soal dua single terbarunya tersebut. Juga soal sosok yang paling besar memberikan dukungan untuknya selama meniti karier di industri hiburan Thailand.

Baca artikel wawancara eksklusif bersama Billkin di detikhot:

  1. Cerita Billkin soal di balik layar lagu IXO dan Once & Forever
  2. Awal karier Billkin hingga sukses I Told Sunset About You
  3. Billkin di Antara Musik dan Akting
  4. Billkin bicara Teh dan soundtrack I Told Sunset About You
  5. Ambisi Billkin di akting dan mimpi kolaborasi dengan Bruno Mars
  6. Billkin tentang PP Krit, lawan mainnya di I Told Sunset About You
(aay/dar)