Eksklusif! Billkin dan Ambisi Akting hingga Mimpi Kolaborasi dengan Bruno Mars

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 24 Okt 2021 20:04 WIB
Billkin
Bilkin bermimpi bisa kolaborasi dengan Bruno Mars Foto: dok. Instagram @bbillkin
Jakarta -

Sebagai aktor, Billkin ingin menjajal semua peran unik yang ditawarkan kepadanya. Sementara dalam karier bermusik, Billkin punya mimpi berkolaborasi dengan Bruno Mars.

"Aku punya beberapa nama musisi di kepalaku saat ini yang aku harap bisa kuajak berkolaborasi," kata Billkin dalam wawancara eksklusif dengan detikcom baru-baru ini. Nama pertama yang disebutkan oleh pelantun IXO itu adalah Bruno Mars.

Sepanjang karier bermusiknya, Peter Gene Hernandez atau Bruno Mars sudah meraih 11 piala Grammy Awards dari 27 nominasi. Nggak hanya dia kini jadi salah satu bintang pop paling populer di dunia, lagu-lagu Bruno Mars juga punya pesona tersendiri di telinga para pecinta musik.

Billkin merasa terinspirasi oleh penyanyi kelahiran 8 Oktober 1985 tersebut. Tak heran kalau nama Bruno Mars langsung keluar dari mulutnya saat ditanya soal kolaborasi impian. Di ranah lokal, Billkin terbilang beruntung bisa berkolaborasi dengan sederet musisi senior hingga produser dengan nama besar di industri musik Thailand.

"Kalau diberi kesempatan, aku ingin banget bisa kolaborasi dengan Bruno Mars," tegas sang pemilik nama asli Putthipong Assaratanakul.

Tahun 2021 ini Billkin telah merilis dua single berjudul IXO dan Once & Forever. Meski masih berada di zona nyaman soal genre, dua lagu ini punya nuansa musik yang berbeda. IXO digubah secara grande dengan instrumen-instrumen seperti terompet dan biola. Sementara Once & Forever menampilkan sesuatu yang sedikit lebih mellow dengan lirik yang romantis.

Meski saat ini tengah menyukai dan nyaman mendengar hingga membawakan lagu-lagu soul, Billkin menyebut dirinya sebagai penyanyi yang siap menjajal berbagai genre. Billkin pun tidak menutup pintu kolaborasi dengan musisi lain dari berbagai negara termasuk Indonesia. Hanya saja untuk saat ini, masih belum ada rencana buat merilis karya kolaborasi tersebut.

"Aku terbuka dengan semua jenis musik termasuk hip hop, jazz, dan R&B, aku mendengarkan semuanya. Aku juga mendengarkan lagu-lagu dari para penyanyi internasional. Sayangnya untuk saat ini masih belum ada rencana pasti soal kolaborasi dan siapa yang akan aku ajak untuk rilis lagu bareng," lanjut Billkin.

Billkin baru-baru ini kembali dari Korea Selatan buat menghadiri event Seoul International Drama Awards 2021 dan kini tengah menjalani karantina. Dia bersama dengan dua lawan mainnya di I Told Sunset About You, PP Krit dan Khunpol, menghadiri event tersebut buat menerima penghargaan International Drama of the Year untuk serial yang mereka perankan.

Penghargaan internasional ini menambah piala yang diterima Billkin serta Nadao Bangkok buat produksi serial coming of age berlatar Phuket tersebut. Di ranah domestik, I Told Sunset About You telah menerima banyak piala dari penghargaan bergengsi. Baik buat serialnya maupun deretan soundtrack-nya.

Deretan penghargaan ini menjadi apresiasi besar buat karier Billkin di dunia akting. Billkin pun berambisi buat menampilkan yang lebih baik untuk peran-peran selanjutnya di layar kaca atau bahkan layar lebar. Bernaung di bawah manajemen yang dikenal punya daftar aktor/aktris yang banyak tampil dalam film layar lebar juga, kesempatan Billkin buat berperan di proyek-proyek besar lainnya tentu terbuka lebar.

Kepada detikcom, Billkin mengaku siap menjajal peran apapun yang ditawarkan kepadanya, selama peran tersebut menarik perhatian dan perasaannya.

"Jujur nih, aku bisa memerankan peran apapun, kalau memang aku suka karakternya," aku Billkin. Dia bahkan mengutarakan betapa dirinya sangat menyukai karakter Teh di I Told Sunset About You dan menyebut sosok Teh sebagai laki-laki yang tidak punya sisi buruk di matanya, hanya manusia yang punya segudang perasaan, semangat, dan emosi.

"Kalau pun nanti aku ditawari memainkan karakter yang sudah pernah aku perankan sebelumnya, aku akan menerimanya dan menjadikan karakter itu lebih baik dan lebih sempurna. Kalau aku diberi tawaran karakter baru, tentu saja itu akan menjadi tantangan buatku karena aku belum pernah memainkan peran itu. Pengalaman seperti itu awalnya pasti berat. Bahkan karakter yang sudah aku mainkan sebelumnya pun punya kesulitan-kesulitan tersendiri. Tapi itu membuatku berpikir cara menginterpretasikan karakter ini sehingga bisa memainkannya dengan baik," ungkap Billkin.

Saat ini Billkin sedang menjalani dua karier yang berbeda di dunia hiburan Thailand: penyanyi dan aktor. Dia mengaku tidak bisa hanya memilih salah satu karena dua profesi tersebut memberikan sensasi yang berbeda untuknya.

Baik dari akting atau musik, Billkin memiliki sebuah pijakan yang sama dalam menjalani dua pekerjaan tersebut: perasaan bahagia. Berangkat dari kesukaannya pada industri hiburan sejak kecil membuat Billkin menjadikan industri hiburan sebagai tempat buat bersenang-senang.

"Akting dan musik buatku memberikan kebahagiaan yang berbeda. Juga memberikan pengalaman yang berbeda dari berbagai sisi. Aku benar-benar merasa sangat bahagia bisa melakukan keduanya dan nggak bisa memilih hanya harus melakukan satu. Buatku, akting dan musik nggak bisa dibandingkan satu sama lain," tutup Billkin.

(aay/pus)