Konser Pertama Super Junior di Indonesia Pascapandemi Tanpa Fan Project dari ELF

ADVERTISEMENT

Konser Pertama Super Junior di Indonesia Pascapandemi Tanpa Fan Project dari ELF

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 17 Sep 2022 10:41 WIB
Penampilan rambut gondrong Choi Siwon Super Junior
Foto: Twitter @SJofficial

Promotor Konser K-Pop Jelaskan Aturan Wajib Tas PVC yang Dinilai Bikin Ribet

Belakangan ini ada satu aturan tambahan yang dibuat oleh promotor konser K-Pop buat fans yang ingin menyaksikan show mereka. Aturan tersebut terkait badang bawaan.

Fans yang ingin menyaksikan konser-konser dari promotor tersebut diwajibkan menggunakan tas PVC transparan. Kewajiban ini tertulis dalam peraturan dan syarat dan ketentuan menonton yang mereka rilis lewat media sosial dan situs resmi.

Sempat ramai dibahas soal ini di Twitter dan menimbulkan pro dan kontra. Sebagian kontra dengan penggunaan tas PVC karena beberapa hal:

- Barang-barang pribadi (seperti keperluan kewanitaan) jadi terlihat jelas,
- Dikhawatirkan mengundang tindak kejahatan karena barang berharga juga tampak,
- Ukuran tas yang terlalu kecil membuat tidak leluasa untuk fans muslim yang harus membawa peralatan ibadah,
- Harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli tas PVC.

Dari sisi promotor, penggunaan tas PVC dirasa perlu karena terkait protokol kesehatan. Hal tersebut dijelaskan oleh Mecimapro, promotor konser K-Pop yang mewajibkan penonton menggunakan tas PVC.

"Peraturan mengenai tas PVC sudah kami informasikan sejak konser pertama kami setelah pandemi yaitu THE BOYZ: THE B-ZONE in Jakarta," terang promotor ketika dihubungi detikcom lewat email.

"Peraturan tersebut kami tetapkan untuk mempermudah proses pemeriksaan tas, sehubungan dengan keadaan pandemi dan juga terkait keamanan acara sehingga barang bawaan dapat lebih mudah dicek," lanjut mereka.

Kewajiban menggunakan tas PVC jadi salah satu hal yang dikritik oleh penonton konser. Meski hingga saat ini memang tidak semua promotor menerapkannya.

Selain kebijakan soal tas PVC, fans juga mengkritik soal sistem nomor antrean pembelian tiket dan nomor antrean masuk ke venue. Hal ini dirasa penting buat dibenahi demi menghindari kekacauan di hari H dan juga server ticketing yang overload saat penjualan tiket.

Konser-konser artis K-Pop besar di Jakarta selalu mengalami kendala soal ticketing. Belum lama ini ricuh ticketing konser SEVENTEEN - BE THE SUN di Jakarta. Ramai juga soal sulitnya memperoleh tiket Super Junior - Super Show 9: Road in Jakarta.

Sebenarnya Mecimapro sudah membuka sistem membership untuk mereka yang ingin dapat privilege saat pembelian tiket. Sayangnya sistem membership ini belum dianggap maksimal oleh penggemar karena masih harus rebutan untuk mendapatkan tiket yang mereka inginkan.


(aay/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT