ADVERTISEMENT

Deretan Kritik K-Popers soal Nonton Konser Makin Ribet

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 14 Sep 2022 14:09 WIB
Konser Super Junior
Foto: (Febrina Arifin/detikHOT)
Jakarta -

Media sosial Twitter sedang ramai membahas soal promotor konser K-Pop. Ada sederet isu yang dialamatkan oleh penggemar termasuk soal tidak adanya nomor antrean, biaya membership mahal yang tidak setimpal dengan benefit, hingga soal fan project yang ditolak.

Yang terakhir menjadi sesuatu yang paling disesali sekaligus paling bikin kesal fans Super Junior yang akrab disapa ELF.

"Wah, saya berharap mereka paling tidak bertanya ke ELF Indonesia saran soal pesan apa yang ingin mereka sampaikan ke Super Junior lewat fan banner. Konser ini kan buat fans, bukan buat promotor," tulis salah satu akun fans Leeteuk Super Junior dalam sebuah cuitan.

Sebelumnya detikcom menulis tentang deretan peraturan dari promotor konser K-Pop yang dinilai bikin ribet penggemar. Di Twitter, fans lalu mengutarakan pendapat, kritik, dan saran mereka buat promotor terkait kebijakan yang sudah dibuat. Berikut ini di antaranya:

1. ELF mengomentari soal sulitnya mendapat tiket konser Super Show 9: Road in Jakarta, saat penjualan tiket dibuka. Sekadar informasi, penjualan tiket buat konser ini dilakukan dengan dua sistem yakni membership (pemegang MCP Member) dan general sales.

Idealnya, menurut fans, mereka yang sudah membayar ongkos membership seharusnya mendapat benefit yang lebih. Salah satu yang diharapkan adalah tidak perlu rebutan tiket. Namun pada kenyataannya, meski sudah membayar membership tetap harus rebutan tiket juga dan tidak ada kepastian akan dapat kelas yang diinginkan.

"Daftar membership Rp 750 ribu tapi tetep nge-war (perang, rebutan tiket), tidak jaminan dapet section yang dimau," tulis salah satu akun Twitter @_xd****.

2. Fans menilai proses penjualan tiket kurang transparan dan akses website serta aplikasi juga sulit karena seringkali crash. Promotor diminta untuk membenahi sistem ticketing agar menghindari kerugian di pihak fans, mengingat konser grup K-Pop sejatinya momen sakral antara idola dan penggemar.

3. Fans minta dimudahkan dalam pengaturan fan project. Promotor sudah menolak semua fan project yang diajukan ELF untuk Super Show 9: Road in Jakarta dan memilih untuk membuat fan project dari promotor. Hal ini kemudian mendapat reaksi keras dari fans Super Junior.

"Lebih terbuka sama fanbase yang mau adain fan project, jadi kalian gak perlu repot-repot nyiapin project. Kalian cukup urus artisnya dengan baik, urus sistem dengan baik. Urusan eksekusi project biar fanbase yang bantu kalian. Lagian idol kesini mau liat fansnya seneng, malah pada liat fansnya kecewa gegara promotor. Lagian tiap tahun bukannya makin baik malah makin aneh," tulis salah satu akun Twitter @seung***.

4. Ketelitian soal seat number juga disoroti oleh fans. Salah satu penggemar dari akun @xstar**** menulis, sempat ada masalah double seat number (yang mana sering terjadi di berbagai event K-Pop sebelum-sebelumnya).

"Belum lagi masalah seat number sama tiket yang bisa-bisanya double dan mereka batalin alasannya double dan pas dicek ternyata cuma mirip," tulisnya.

Benahi sistem ticketing dan pro-kontra tas PVC (di halaman selanjutnya)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT