ADVERTISEMENT

Perwakilan ELF Tanggapi Pernyataan Promotor Konser Super Junior soal Fan Project

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 14 Sep 2022 21:43 WIB
Konser Super Junior
Foto: (Febrina Arifin/detikHOT)
Jakarta -

Konser Super Junior - Super Show 9: Road in Jakarta yang akan digelar akhir pekan ini menimbulkan polemik antara ELF (fans Super Junior) dan promotor konser. Hal ini terkait dengan fan project yang diinisiasi oleh perwakilan fanbase namun ditolak oleh promotor kemudian diambilalih oleh mereka.

detikcom menghubungi ELFIndonesia.com, fanbase ELF yang sejak dua konser terakhir Super Junior di Jakarta melakukan organisasi atas fan project di konser. Sebelum melancarkan fan project, seperti biasanya pihak ELFIndonesia.com mengirimkan proposal ke promotor selaku penyelenggara konser, untuk kemudian akan didiskusikan dengan pihak manajemen Super Junior.

"Sejak Super Show 7s, Super Show 8, entah itu project handbanner atau project-project lain seperti flashlight, kita harus propose. Setelah pengumuman konser biasanya kita kirim proposal berisi permintaan kami apa saja. Kami juga jelaskan project-project apa yang sudah kami lakukan sebelumnya, foto-foto member Super Junior dengan proyek kami sebelumnya," kata perwakilan ELFIndonesia.com dihubungi Rabu (14/9/2022).

Proses selanjutnya, sesuai dengan pengalaman fanbase, pihak promotor akan membicarakan dengan manajemen perihal diterima atau ditolak. Atau semisal ada kata-kata yang perlu direvisi atau desain yang harus diperbaiki. Sayangnya untuk konser Super Show 9: Road in Jakarta ini, proses tersebut tidak berlanjut.

Promotor konser Super Show 9 memutuskan untuk mengambilalih fan project ini tanpa melibatkan fanbase. Hal ini mereka umumkan pada Minggu (11/9/2022). Dalam keterangannya, promotor menjelaskan alasan pengambilalihan fan project tersebut. Ada dua poin yang mereka sebutkan di antaranya: penjualan tiket dan aktivitas tidak resmi.

ELFIndonesia.com kemudian memberikan klarifikasi mereka.

Terkait proposal fan project, mereka menjelaskan kronologinya.

"Kita kirim proposal 10 Agustus 2022 lewat email, kalau tidak salah ticketing dibuka 12-13 Agustus, jadi kita kirim sebelum ticketing. Dulu, konser Super Junior yang sebelumnya kan dengan promotor yang sama, jadi memang kita sudah pengalaman dan persiapan ini pasti dibalasnya akan lama. Dari kami memang sebelum project-nya di-approve oleh promotor, kami tidak buat pengumuman dulu ke fans lain," kata perwakilan ELFIndonesia.com.

"Fan project ini kan berhubungan sama donasi dari fans juga. Kami butuh biaya untuk cetak dan biasanya kita mencari ELF yang mau berpartisipasi. Karena emailnya tidak ditanggapi, banyak fans yang bertanya soal project untuk konser ini. Lalu kami kirim email lagi untuk ketiga kalinya pada tanggal 5 September 2022. Dua hari kemudian dibalas dengan bilang bahwa mereka tidak terima dua email kami yang sebelumnya. Tapi email ketiga diterima dan akan didiskusikan dengan manajemen Super Junior dan nanti akan di-update," bebernya lagi.

Namun sayangnya proposal tersebut tidak tembus dan ELFIndonesia.com mengeluarkan pernyataan bahwa "perwakilan fanbase menghargai keputusan promotor".

"Untuk itu, kami minta maaf ya ELF, semoga project yang di-handle oleh penyelenggara berjalan lancar," ujar mereka dalam pernyataan tersebut.


Klarifikasi kedua soal exhibition. (lihat halaman selanjutnya)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT