ADVERTISEMENT

She-Hulk Episode 5: Deja Vu Baim Wong Patenkan Citayam Fashion Week

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 15 Sep 2022 21:43 WIB
She-Hulk: Attorney At Law
Foto: dok. Disney+ Hotstar
Jakarta -

Di episode pertama She-Hulk: Attorney At Law, sosok influencer-villain bernama Titania sempat nyaris mengacau di ruang sidang. Tapi She-Hulk berhasil menghentikannya. Sejak saat itu, Titania dendam pada She-Hulk.

Spoiler alert!

Selama beberapa episode setelah itu, nama Titania hanya muncul dalam layar kaca. Sosoknya seperti masih ditahan-tahan buat ditampilkan lagi sampai akhirnya di akhir episode 4, Jen Walters (diperankan Tatiana Maslany) menerima surat dari Titania (diperankan Jameela Jamil) yang menjelaskan bahwa Titania sudah mendaftarkan hak paten nama She-Hulk, sehingga Jen Walters tidak bisa lagi menggunakan nama itu.

Jen kebingungan. Selama ini dia memang tidak pernah suka menyebut dirinya She-Hulk, di awal-awal episode serial Disney+ ini, Jen dengan tegas menyebut bahwa dia tidak suka nama itu. Namun dalam perjalanannya, penonton diajak melihat perkembangan karakter Jen dan She-Hulk secara bersamaan. Meski Jen berusaha untuk menegaskan bahwa dia dan She-Hulk adalah sosok yang sama, namun pada kenyataannya tetap saja mereka berbeda. Di episode 5 ini, Jen mengisyaratkan bahwa dirinya sudah benar-benar bisa mengayomi alter-egonya tersebut.

Karena paten She-Hulk sudah dimiliki oleh Titania, sang influencer menggunakan nama itu untuk membuat produk kecantikan. Mulai dari serum wajah bermerek She-Hulk, minyak ular untuk bibir bermerk She-Hulk, hingga pembesar bokong bermerk She-Hulk.

She-Hulk: Attorney At LawShe-Hulk: Attorney At Law Foto: dok. Disney+ Hotstar

Sebagai ikon dari firma hukum tempatnya bekerja, bos Jen/She-Hulk merasa bahwa brand yang dijual oleh Titania bisa mencoreng citra She-Hulk dan juga firma hukum tersebut. Jadilah di episode ini Jen Walters alias She-Hulk berusaha untuk memenangkan kasus hak paten nama yang sudah didaftarkan oleh Titania tersebut.

Hal ini seolah jadi deja vu sebuah momen viral di Indonesia beberapa waktu lalu. Ketika nama Bonge, Kurma, Jeje, dan Citayam Fashion Week ramai dibahas, tiba-tiba Baim Wong muncul dengan kabar bahwa dia mendaftarkan brand Citayam Fashion Week sebagai merek dagang. Keputusan ini kemudian mendapat respons keras dari warganet hingga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Suara sumbang yang terus mengalir dari masyarakat membuat Baim Wong membatalkan rencananya buat mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI. Dalam rencananya saat itu, dia berniat untuk membuat sebuah gelaran fashion show di kawasan CFW pada bulan Agustus 2022. Namun niat itu dihajar habis-habisan oleh publik. Banyak yang mencaci, menyebut bahwa Baim Wong rakus karena berusaha untuk menguasai sesuatu yang jadi kesenangan rakyat biasa.

"Kalau misalnya meresahkan saya minta maaf karena kita nggak seambisius itu. Jadi memang kita mau melepaskan karena menurut saya nggak mau jadi kayak seperti ini. Nggak ada niatan kita untuk... tadi juga berpikiran untuk dibuat HAKI bareng-bareng sama mereka. Cuma saya bilang daripada berkelanjutanlah saya bilang sudahlah karena niatan kita nggak ke sana sama sekali (ambil hak orang). Saya akan melepas, nggak mau mempertahankan. Kalaupun nanti ada yang bisa saya bantu ketika Citayam Fashion Week apa pun itu PT Tiger Wong Entertainment bantu," kata Baim Wong kala itu.

Tapi Titania tidak semudah itu melepas nama She-Hulk. Sidang tetap dilakukan dan Jen Walters harus berusaha memecahkan permasalahan nama She-Hulk ini dengan seorang pengacara dari kantornya juga. Episode 5 She-Hulk: Attorney At Law ini menggambarkan sebuah perjuangan dari Jen Walters untuk melindungi identitas alter-egonya. Di episode ini juga kita diperlihatkan bahwa adegan kencan di episode yang lalu bukan hanya sekedar adegan senang-senang tapi penting buat kasus nama She-Hulk tersebut.

Selain ribut-ribut soal nama She-Hulk, episode 5 juga menampilkan sesuatu yang mungkin kerap mengganggu pikiran fans superhero Marvel: terkait kostum yang mereka gunakan. Atas paksaan dari Nikki (diperankan oleh Ginger Gonzaga), dia dan Jen menemui seorang desainer khusus kostum superhero. She-Hulk akhirnya akan punya kostum sendiri yang baru bisa kita lihat di episode minggu depan.

Di akhir, sebuah topeng dalam kardus muncul. Mengisyaratkan akan ada kemunculan superhero Marvel lain di episode mendatang.

She-Hulk: Attorney At Law bisa disaksikan di Disney+ Hotstar.

(aay/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT