Gege Akutami Diduga Perempuan, Fans Jujutsu Kaisen Banyak yang Kecewa

ADVERTISEMENT

Spotlight

Gege Akutami Diduga Perempuan, Fans Jujutsu Kaisen Banyak yang Kecewa

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 06 Des 2022 17:04 WIB
Komikus Manga Jujutsu Kaisen, Gege Akutami
Foto: Istimewa
Jakarta -

Identitas mangaka Gege Akutami (bukan nama sebenarnya) terbongkar satu per satu. Komikus yang diketahui berjenis kelamin perempuan itu menuai kontroversi karena selama ini menyembunyikan profil dan gender.

Dalam dunia shonen (manga bagi pembaca pria) biasanya komiknya ditulis oleh komikus laki-laki. Manga shoujo (bagi pembaca perempuan) ditulis oleh mangaka berjenis kelamin perempuan namun pembagian ranah tersebut kini didobrak.

Banyak manga shonen yang juga (kemungkinan besar) ditulis oleh komikus perempuan. Salah satunya adalah Jujutsu Kaisen. Kreatornya, Gege Akutami, selama ini menyembunyikan identitasnya karena tak mau diketahui publik.

Setelah menerima penghargaan sebagai manga terbaik versi Mando Kobayashi, Gege Akutami muncul anonim. Di hadapan penggemar di stasiun televisi nasional, dia menutupi dirinya dengan topeng.

Gege Akutami mengenakan kostum karakter Mechamaru, salah satu karakter dalam komik ciptaannya. Dia benar-benar menutupi wajah sampai seluruh tubuhnya.

Bahkan ketika berbicara dalam bahasa Jepang, ia lebih banyak memakai kata ganti orang pertama sebagai 'watashi' ketimbang kata ganti saya laki-laki. Berbagai pemberitaan mengenai Jujutsu Kaisen pun hanya seputar proses kreatif dan tidak ada hal personal apapun.

Dalam sebuah wawancara, dia pernah ditanya mengapa tidak pernah membuat karakter perempuan yang 'menonjol' atau disebut 'fan service'.

"Saya takut dimarahi orang tua karena mereka adalah salah satu pembaca karya-karya saya," kata Gege Akutami dalam sebuah wawancara.

Padahal komikus manga Shonen, sering menampilkan karakter perempuan yang membuat pembaca pria berimajinasi. Tapi tidak dengan Gege Akutami. Gara-gara hal tersebut, fans Jujutsu Kaisen terbelah.

"Manga Jujutsu Kaisen tidak mungkin ditulis oleh komikus perempuan," ungkap seorang netizen.

"Rasanya aneh kalau komik itu ditulis oleh mangaka perempuan," timpal lainnya di jagat twitter.

Sebagian besar menolak jika Gege Akutami adalah seorang perempuan. Dalam industri manga, Jujutsu Kaisen sukses menerima berbagai penghargaan di antaranya adalah manga shonen terbaik versi Shogakukan Manga Award 2019, manga terfavorit versi Mando Kobayashi Award 2020 sampai masuk nominasi Tezuka Osamu Cultural Prize 2021.



Simak Video "Penyebab Kematian Kreator Yu-Gi-Oh! Terungkap: Coba Selamatkan Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT