Jujutsu Kaisen Kalahkan One Piece Jadi Manga Terpopuler 2022

ADVERTISEMENT

Jujutsu Kaisen Kalahkan One Piece Jadi Manga Terpopuler 2022

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 30 Nov 2022 17:04 WIB
Manga Jujutsu Kaisen
Foto: Istimewa
Jakarta -

Di penghujung tahun, situs resmi Oricon kembali mengumumkan judul-judul komik Jepang terpopuler. Setiap tahunnya, mereka selalu merilis data survei terbaru serial manga terpopuler di Jepang.

Dalam situs Oricon, seperti dilihat detikcom, data survei berlangsung pada 6 Desember 2021 sampai 28 November 2022. Sepanjang hampir setahun itulah, didapatkan angka yang pasti mengenai komik yang paling banyak dibaca dan laku terjual.

Di posisi pertama, ada Jujutsu Kaisen dengan angka 12,28 juta kopi yang terjual. Manga yang diciptakan oleh Gege Akutami itu terbit mingguan di Majalah Shonen Jump (Shueisha) yang sirkulasinya melonjak tajam setelah penayangan film Jujutsu Kaisen 0 pada 24 Desember 2021.

Posisi kedua ada Tokyo Revengers karya Ken Wakui yang terbit di majalah mingguan Shonen (Kodansha) dengan angka penjualan 11 juta eksemplar di Jepang. Ketiga, ada Spy x Family yang mengisahkan sebuah keluarga mata-mata karya Tatsuya Endou dengan laku terjual 10,6 juta kopi.

Sayangnya One Piece yang biasa berada di nomor satu harus tersingkir ke peringkat keempat. Manga One Piece karya Eiichiro Oda laku terjual 10,3 juta kopi yang terbit mingguan di majalah Shonen Jump (Shueisha).

Di posisi kelima, ada Boku no Hero Academia atau yang lebih dikenal dengan nama My Hero Academia dengan angka penjualan 5,5 juta kopi di Jepang. Komik ini diciptakan oleh Kohei Horikoshi.

Peringkat keenam ada manga Kingdom karya Hara Yasuhisa dengan angka terjual 3,8 juta kopi di Jepang. Berikutnya ada Blue Lock yang terjual 3,5 juta kopi, Chainsaw Man dengan angka penjualan 3,4 juta kopi, Mystery to Iu Nakare dengan 3,1 juta, dan di posisi buncit ada Kaijuu No.8 karya Naoya matsumoto yang laku 3,1 juta eksemplar di Jepang.

Pencinta manga banyak yang berspekulasi, Jujutsu Kaisen awalnya tidak terprediksi laku sampai terpopuler selama dua tahun berturut-turut. Tapi komiknya berhasil mematahkan berbagai teori.

Dengan masuknya manga Spy x Family di posisi ketiga, pencinta manga sudah memprediksinya karena versi anime sangat digemari. "Animasi dari serial Spy x Family membuat angka penjualan komik naik dua kali lipat pada 2022 dan ditambah 2 volume yang baru saja rilis. Anya menunjukkan kekuatannya," cuit Oricon.

Sedangkan manga One Piece yang berada di posisi keempat punya 3 rival lainnya yang digemari pembaca muda. Meski begitu, One Piece yang bertengger lebih dari dua dekade menyumbang 50 persen penjualan komik di masa pandemi.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT