Mau Tahu Alasan Dipha Barus Kolab dengan Musisi Luar Negeri? Cek di Sini

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 16 Agu 2020 18:06 WIB
Dipha Barus
Dipha Barus kolab dengan musisi mancanegara. Foto: Dyah Paramita Saraswati
Jakarta -

Dipha Barus baru saja merilis single bertajuk Down yang merupakan hasil kolaborasinya dengan Cade Larson alias CADE.

Lagu itu akan menjadi karya pembuka bagi sejumlah proyek musik yang akan ia keluarkan di tahun ini. Dipha Barus rupanya juga telah merekam sejumlah lagu bersama musisi mancanegara lainnya.

Menurut Dipha Barus, berkolaborasi dengan musisi mancanegara merupakan pengalaman tersendiri baginya. Selain keluar dari zona nyaman, dia juga mempelajari budaya hingga cara kerja yang berbeda.

"Pertama sih gue ingin juga musik gue, karya gue, message-nya didengar sama pendengar yang ada di luar pendengar gue lagi. Itu intinya kolaborasi sih. Jadinya dengan kita kolaborasi, kita bisa bertukar pendengar dan bertukar culture sih," kata Dipha Barus dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

Selain memperluas jangkauan pendengar, Dipha Barus juga mengaku mendapat banyak pelajaran dari proses rekaman yang ia lakukan di Los Angeles. Sebab cara kerja mereka terbilang berbeda dengan para pelaku musik di Indonesia.

"Cara kerja gue juga bisa belajar. Gue juga belajar cara kerjanya, cepetnya, simplicity. Gue belajar dari mereka sih, simplicity, nggak terlalu dibuat kayak, ini ada elemen apa. Dia tuh kayak simplicity aja, straight forward. Cara kerja, terus bertukar pikiran," ujarnya.

Kolaborasinya dengan CADE juga menjadi pengalaman yang tidak terlupakan baginya. CADE memang menulis keseluruhan lirik dari lagu tersebut, tapi Dipha Barus telah lebih dulu datang dengan ide untuk musik dari lagu itu.

Ide mengenai musik untuk lagu Down pertama kali didapat Dipha Barus saat dia tengah bermalam di Joshua Tree.

Saat bertandang ke Los Angeles, Dipha Barus memang mengunjungi California Highway yang terdiri dari Los Angeles, San Francisco, Big Sur dan Joshua Tree.

Dia dan istrinya menginap di Joshua Tree dan saat musik di kepalanya muncul, ia tengah menikmati pemandangan matahari terbenam.

"Di Joshua Tree itu gue buat idea-nya untuk lagu si Down ini. Gue buatnya sunset, terus gue preview pas sunrise gue mau lari," cerita Dipha.

Keesokan harinya, tiba di Los Angeles, Dipha Barus langsung pergi ke studio untuk bertemu CADE. Tidak butuh waktu lama, dia dan CADE langsung menemukan kecocokan dan lirik untuk lagu itu jadi begitu saja.

"Dan gue percaya itu, kalau lo langsung ketemu di studio, terus langsung play demo, terus ketemu di otak lo itu nggak boleh dihilangin. Ya sudah kami lanjut saja di situ," tutur Dipha.



Simak Video "Dipha Barus Angkat Sisi Inspiratif Kota Jakarta Lewat Video Lirik"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)