6 Momen yang Paling Disorot di Dunia Film Selama 2020

Devy Octafiani - detikHot
Senin, 28 Des 2020 13:54 WIB
Beragam cara dilakukan warga dunia untuk hadapi new normal di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya dengan membuka bioskop terbuka seperti yang ada di Yunani.
Bioskop era new normal di luar negeri / Foto: AP Photo/Petros Giannakouris
Jakarta -

Tahun 2020 meninggalkan deretan peristiwa. Di industri perfilman sejumlah peristiwa hadir dan menjadi sorotan.

Bahkan peristiwa-peristiwa yang terjadi itu juga menjadi perbincangan. Pandemi memang membuat industri film dan tayangan ikut kolaps. Namun bukan berarti hal-hal penting yang berkaitan dengan industri ini lewat begitu saja.

Di tengah ancaman wabah yang terjadi, industri ini tetap mencoba bergeliat. Ajang penghargaan Festival Film Indonesia sebagai ajang penghargaan film nasional tertinggi misalnya, tak urung tetap dilaksanakan.

Berbeda dengan sejumlah ajang penghargaan di luar negeri hingga yang paling bergengsi, Oscar atau Academy Awards salah satunya, FFI tak melewatkan atau memundurkan agenda penghargaan mereka bagi filmmaker Tanah Air.

Oscar beserta ajang penghargaan lainnya seperti Golden Globes hingga BAFTA memundurkan ajang penghargaan mereka hingga ke pertengahan tahun 2021.

Di tahun ini, dunia perfilman internasional juga dikejutkan dengan kabar kepergian salah satu bintang dan aktor ternama. Kabar kepergian sang aktor menjadi berita yang tak terduga sebab selama ini ia tak diketahui mengidap penyakit yang akhirnya merenggut hidupnya.

Bicara tentang industri film yang tengah bergeliat, sejumlah film dalam dan luar negeri sudah melakukan produksinya meski di tengah pandemi. Mereka berpacu dan berlomba dengan waktu untuk dapat membuat film yang selesai sesuai jadwal usai mengalami penundaan tayang.

Produksi film tersebut menelan biaya yang jauh berkali-kali lipat dari sebelumnya untuk memastikan kru dan tim produksi kebal dari penularan Corona. Produksi sekuel Jurassic World 3 salah satunya, menyewa jasa pihak yang tugasnya hanya mengingatkan kru dan para pemain menggunakan masker dan menghindari jarak yang terlalu dekat satu sama lain.

Di Indonesia sendiri, aturan baru diterapkan di lokasi syuting untuk mengkarantina pemain hingga kru agar tak keluar dari lokasi pengambilan gambar selama syuting berlangsung.

Meski pandemi dan bioskop berhenti memutar film, namun publik tak lantas kekurangan hiburan. Ada film lokal yang juga menjadi perhatian dengan kisahnya yang menghibur karena lekat dengan kehidupan sehari-hari. Film asal Jogja itu pun sempat menjadi trending.

Itulah sekelumit hal baru yang terjadi di industri perfilman sepanjang tahun ini. detikHOT merangkum sejumlah hal-hal di dunia film yang jadi sorotan itu. Simak daftarnya di halaman berikutnya.



Simak Video "Johnny Depp: Tak Ada yang Aman dari 'Cancel Culture'"
[Gambas:Video 20detik]