Serunya Nonton Bareng Film 3 Srikandi di Yogyakarta

Sukma Indah Permana - detikHot
Kamis, 11 Agu 2016 06:54 WIB
Foto: Sukma
Yogyakarta -

Sejumlah aktor yang berperan di film 3 Srikandi hadir dalam acara nonton bareng di Yogyakarta. Selain komunitas pecinta film, pegiat film dan blogger hadir pula salah seorang keluarga Keraton Yogyakarta yakni GBPH Cakraningrat.

Nonton bareng digelar di bioskop CGV Blitz Hartono Mall Yogyakarta pukul 19.00 WIB. 3 aktor yang hadir yakni Donny Damara (Pak Udi), Mario Irwinsyah (Denny), dan Detri Warmanto (Adang).

Sebelum acara dimulai, bersama sang sutradara Imam Brotoseno mereka melayani permintaan wawancara dan beberapa kali foto bareng dengan pengunjung mall.

Di dalam studio, Mario dan Detri juga sempat memberi pertanyaan dan hadiah kepada calon penonton.

Imam menjelaskan, walaupun film ini berdasarkan pada kisah nyata, dia menuangkan beberapa cerita fiksi di dalamnya.

"70 persen fakta dan 30 persen fiksi. Saya perlu mendramatisir. Itu kebutuhan untuk menghibur penonton. Kalau itu tidak dilakukan, akan jadi film dokumenter," urainya.

Sedikit memberi bocoran, Imam mengaku adegan ketiga Srikandi yang melarikan diri saat karantina untuk nonton film di bioskop adalah benar-benar terjadi. Namun memang film yang ditonton ketiganya bukan 'Catatan Si Boy' seperti yang diceritakan di film yang berdurasi 2 jam ini.

"Yang nonton film itu sebenarnya mereka kabur sampai manjat pagar. Tapi proses latihan semuanya sesuai dengan apa yang terjadi," tuturnya.



GBPH Cakraningrat menilai film ini harus ditonton oleh masyarakat Indonesia. Di tengah prestasi olah raga negara ini yang menurutnya masih belum menggembirakan, film ini bisa melecut semangat semua pihak.

"Digambarkn di film kan pemerintah lepas tangan, semua kan karena yang melatih sosok Donald. Tanpa dukungan (pemerintah yang cukup) saja, mereka dapat perak, apalagi jika banyak dukungan dan bantuan," kata adik dari Sri Sultan Hamengkubuwono X ini.

(sip/doc)