Gebrakan Kemenparekraf Untuk Emak-emak dan Milenial yang Mau Sukses Bisnis Online

Mauludi Rismoyo - detikHot
Rabu, 20 Apr 2022 09:37 WIB
sandiaga uno
Gebrakan Kemenparekraf Untuk Emak-emak dan Milenial yang Mau Sukses Bisnis Online. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Di era modern saat ini, sudah seharusnya semua orang termasuk emak-emak perlu melek teknologi. Sebab, kini seiring perkembangan zaman, alat seperti handphone sudah bisa membantu kamu dalam menciptakan sebuah usaha ataupun tren. Hal itu sangat disadari Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Berangkat dari melek teknologi untuk berbisnis, Kemenparekraf membuat sebuah gebrakan baru. Bersama Akademi InspiRadzi, mereka merilis 'Program MakMil Sadar Bisnis'.

Acara launching program itu dihadiri Presiden Direktur Akademi InspiRadzi, Dato' Radzi Saleh dan Menteri Sandiaga Uno. Program tersebut bertujuan untuk membantu dan menciptakan pebisnis baru yang melibatkan para emak-emak dan kaum milenial agar bisa mandiri secara finansial dengan cara berbisnis di era ekonomi kreatif dalam bidang bisnis online.

Launching 'Program MakMil Sadar Bisnis' turut dihadiri secara onsite oleh 200 emak-emak dan milenial. Lalu secara online ada 5.000 emak-emak dan milenial di aplikasi Zoom dan media sosial Facebook dan channel YouTube Akademi InspiRadzi.

Sandiaga Uno sangat berharap besar program tersebut berjalan lancar. Sebab dari situ, lanjutnya, bisa menghasilkan lapangan kerja baru dan memajukan ekonomi negara.

"Program ini menargetkan 300 ribu peserta yang dididik menjadi usahawan baru dalam kurun waktu 2022-2024, sehingga memberikan solusi baik lapangan kerja baru maupun usahawan baru yang siap memajukan ekonomi keluarga Indonesia," kata Sandiaga.

Sekadar diketahui juga 'Program MakMil Sadar Bisnis' dari Akademi InspiRadzi dan Kemenparekraf merupakan kesempatan untuk belajar bisnis dengan materi-materi yang sudah disesuaikan dengan karakteristik emak-emak dan milenial yang mudah untuk diaplikasikan, hasil terukur, dan cepat menghasilkan.

Materi yang akan diberikan pun cukup beragam, mulai dari Mindset Shifting, Strategi Marketing melalui WhatsApp dan optimasi media sosial lainnya baik Facebook, Instagram, hingga TikTok. Kemudian ada teori soal Video Marketing, Content Strategy and Content Writing, dan Personal Branding.

"Akademi InspiRadzi memfasilitasi kebutuhan peningkatan kapasitas usaha para pelaku usaha dan usahawan baru dalam hal modul pembelajaran, para mentor yang berpengalaman, pendampingan berkelanjutan, dan aplikasi bisnis KMart," ujar Dato' Radzi Saleh.

Bagi para emak-emak dan milenial yang ingin mengikuti program bisnis dari Kemenparekraf dan Akademi InspiRadzi bisa mendaftar secara online dan gratis melalui laman www.MakMil.Emakprener.com.

Setelah itu, kalian akan mendapat pelatihan intensif selama lima kali pertemuan, baik offline maupun online. Emak-emak dan milenial juga akan dilakukan pendampingan secara berlanjut oleh para mentor yang berpengalaman sehingga memastikan para peserta bisa mencapai sukses bersama-sama dalam Program MakMil Sadar Bisnis.

"Kami ingin merangkul segenap pemangku kepentingan untuk bersama-sama memberikan solusi terbaik bagi emak-emak dan milenial agar mereka bisa menjadi emak-emak yang hebat dan milenial juara," tutur Henky Manurung selaku Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf.

(mau/pus)