Berjuang Lawan Sakit Jantung, Chef Haryo Alami Sesak Napas hingga Halusinasi

Hanif Hawari - detikHot
Minggu, 26 Sep 2021 13:04 WIB
Chef Haryo
Chef Haryo alami sesak napas sampai halusinasi gegara sakit jantung Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Lama tak terdengar, ternyata Chef Haryo sedang berjuang melawan penyakit jantung yang diidapnya. Chef Haryo mengaku mengalami gejala yang menyakitkan, dari sesak napas hingga halusinasi.

Penyakit yang dialami Chef Haryo serupa dengan yang pernah dialami mendiang Bondan Winarno. Kondisi tersebut bernama diseksi aorta kronis de bakey standford type A.

"Setiap malam itu mengalami sesak napas dari jam 10 malam sampai jam 3 atau 4 pagi. Menjelang salat Subuh itu susah bernapas terus kemudian berhalusinasi, meracau, itu bisa seperti bukan sayalah," ujar Chef Haryo kepada detikcom melalui sambungan telepon.

"Kemudian pagi (pukul) 10.00 sampai jam 3 sorelah kira-kira gangguannya di sana. Jadi itu hampir setiap hari, tapi kalau siang normal. Sedikit pasti keluar saya pasti beraktivitas. Karena memang saya kan orangnya speed banget kan, semangatlah," sambungnya lagi.

Chef Haryo mengaku dirinya memang gemar berolahraga rutin. Gerakan-gerakan sulit yang membutuhkan stamina tingkat tinggi pun sering dilakukannya.

Namun, ternyata aktivitas tersebut bukannya membawa manfaat pada tubuh Chef Haryo. Alih-alih sehat, organ jantungnya justru menjadi rusak dan tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

"Iya pada saat olahraga keras, freeletics. Jadi ketemu trotoar push up, ketemu apa pun, pohon naik pohon, benar-benar olahraga keras, olahraga fisik untuk stamina. Tinju, saya suka tinju, samsak, tapi dilakukan pada saat darah tinggi itu nggak boleh," kata Chef Haryo.

Chef Haryo menyebutkan serangan jantung pertamanya dialami pada suatu pagi di tahun 2019. Saat itu, Chef Haryo merasakan sakit yang teramat sangat hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

"Uh langsung (drop), kayak orang kepanah, sakit banget rasanya. Langsung (dilarikan ke rumah sakit) sama istri, pagi kejadiannya jam 7, setengah 8 itu habis makan pagi," imbuh Chef Haryo.

Penyakit Chef Haryo itu harus diatasi dengan prosedur operasi besar dan berisiko. Ia pun membutuhkan donor darah hingga 10 kantung untuk persediaan.



Simak Video "Ini Nazar Gary Iskak Jika Sudah Pulih dari Sakitnya"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/pus)