Jawaban Anies Baswedan Dihubungi Sebelum Ibu Ustaz Solmed Meninggal Dunia

Dicky Ardian - detikHot
Senin, 12 Jul 2021 12:02 WIB
Ulama
Ustaz Solmed cerita bagaimana saat dia meminta bantuan Anies Baswedan saat ibunda susah dapat RS Foto: Desi/detikHOT
Jakarta -

Ustaz Solmed mengungkapkan drama yang terjadi sebelum sang ibunda, Hj Salmah Lubis, meninggal dunia. Ia mengaku kesulitan mencari rumah sakit.

Beberapa rumah sakit yang dihubungi Ustaz Solmed semua penuh karena pandemi COVID-19. Sementara saat itu, sang ibunda harus menjalani cuci darah yang rutin dijalani selama dua tahun terakhir.

"Dua tahun kurang lebih emak saya sakit gagal ginjal. Jadi selama dua tahun itu Emak selalu cuci darah, seminggu dua kali di rumah sakit. Sampai akhirnya datanglah wabah COVID ini," kata Ustaz Solmed dilansir dari !nsert Pagi dalam wawancara di Pemakaman Al Azhar Karawang.

Akhirnya, karena merasa ada di posisi yang sudah terpepet, Ustaz Solmed menghubungi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ia meminta tolong untuk mendapatkan informasi mengenai rumah sakit yang bisa memberikan pelayanan untuk sang ibunda.

"Nggak nyangka, begitu ada COVID ternyata sulit orang untuk cuci darah. Saya coba menghubungi Pak Gubernur, Anies Baswedan, makasih Pak Gubernur. Beliau mengarahkan untuk dibawa ke Cengkareng karena di sana ada tempat cuci darah untuk orang-orang yang kena COVID-19," ujar Ustaz Solmed.

Namun takdir berkata lain. Ustaz Solmed akhirnya harus merelakan sang ibunda pergi untuk selamanya karena keterlambatan penanganan.

"Alhamdulilah, tapi karena sudah beberapa hari, Emak saya sudah terlambat cuci darah," ungkap Ustaz Solmed.

"Di hari-hari terakhir Emak saya, saya masih bisa melayaninya seperti biasa dengan baik. Ternyata itu suapan terakhir saya kepada dia, candaan terakhir saya kepada dia. Sampai akhirnya masuk RS, ICU, ventilator, kita tak bisa lagi berinteraksi, dan meninggal dunia," lanjutnya.

Sang bunda diingat Ustaz Solmed adalah sosok yang tak pernah mau berhenti berjuang untuk sembuh. Apa pun mau dilakukan sang bunda demi sembuh.

"Operasi sudah per enam bulan, kadang 3 bulan, pasang lagi CDL, pindah lagi tangan, leher, semua dijalani dengan masya allah kayak nggak ada apa-apa," kenang Ustaz Solmed.

"Karena cuci darah itu kadang ada pemeriksaan rutin, untuk pasien dengan izin Allah takdirnya Emak kena COVID," tuntasnya.



Simak Video "Jatuh Bangun Ustaz Solmed di Masa Pandemi: Utang hingga Jual Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/wes)