Positif COVID-19 dan 2 Tahun Gagal Ginjal, Ibunda Ustaz Solmed Meninggal

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 12 Jul 2021 07:45 WIB
Ustaz Solmed dan April Jasmine saat ditemui di kawasan Trans TV.
Ibunda Ustaz Solmed meninggal dunia usai 2 tahun idap gagal ginjal dan terakhir positif COVID-19 Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Ibunda Ustaz Solmed, Hj. Salmah Lubis meninggal dunia kemarin. Jenazah langsung dimakamkan di pemakaman Al-Azhar, Karawang.

Mertua April Jasmine itu meninggal dunia pada Minggu (11/7/2021) pukul 1 dini hari.

"CDL (Catheter double lumen) cuci darahnya copot, tak bisa cuci darah dan kesehatan semakin menurun, sampai akhirnya wafat," kata Ustaz Solmed kepada detikcom, Senin (12/7/2021).

Ibunda Ustaz Solmed memang sudah dua tahun mengidap gagal ginjal. Pandemi COVID-19 datang, ibunda Ustaz Solmed juga terpapar virus tersebut.

"Dua tahun kurang lebih emak saya sakit gagal ginjal. Jadi selama dua tahun itu emak selalu cuci darah, seminggu dua kali di rumah sakit. Sampai akhirnya datang lah wabah COVID ini," ceritanya.

"Karena cuci darah itu kadang ada pemeriksaan rutin, untuk pasien dengan izin Allah takdirnya Emak kena COVID. Akhirnya rumah sakit yang tadinya tempat emak cuci darah nggak mau nerima. Sampai kita cari rumah sakit di Jakarta beberapa dari mulai rumah sakit yang bawah, menengah sampai yang atas, ibaratnya begitu. Nggak bisa juga," beber Ustaz Solmed.

Ibunda Ustaz Solmed terpapar COVID-19 sejak seminggu lalu. Semasa hidupnya, Ustaz Solmed mengenal sang bunda yang mau berjuang untuk sembuh dari penyakit yang diidapnya.

"Mak sudah terpapar COVID kurang lebih satu mingguan. Tapi, soal kapan tepatnya kan kita nggak tahu ya, kadang ada orang udah kena COVID sudah hari keberapa gitu kan nggak tahu ya, kecuali kita ngecek" jelasnya.

Ustaz Solmed memaklumi sang bunda tak bisa yang sudah punya penyakit bawaan tak bisa menghindar dari virus tersebut. Meski di tengah pandemi COVID-19, sang bunda masih harus menjalani kewajiban untuk cuci darah.

[Gambas:Instagram]



"Ya saya mungkin maklum ya, Emak saya memang nggak bisa menghindar juga dari rumah sakit, di tengah kondisi pandemi yang begini. Sudahlah kondisi rumah sakit penuh, COVID dimana-mana, tapi Emak kewajibannya nggak bisa hilang, harus cuci darah seminggu 2 kali," ungkapnya.

"Wallahualam, kena COVID-nya di mana saya nggak mau cari tahu, sudahlah ini sudah takdir-Nya," pungkas Ustaz Solmed.

Sebelumnya, April Jasmine juga sempat terpapar COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri di sebuah tempat. April Jasmine dinyatakan positif COVID-19 pada 16 Juni 2021.

April Jasmine pun kembali bisa berkumpul dengan keluarga dan dinyatakan negatif COVID-19 pada 22 Juni 2021.



Simak Video "Ustaz Solmed dan Istri Kebanjiran Endorse Usai Dihujat Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dal)