7 Fakta Young Lex, Ditinggal Sang Ayah dari Umur 5 Tahun hingga Kontroversinya

Nanda Alifah - detikHot
Jumat, 22 Jan 2021 07:02 WIB
Young Lex
Profil Young Lex Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Samuel Alexander Pieter atau yang lebih dikenal dengan nama Young Lex adalah seorang penyanyi rapper Indonesia. Young Lex memulai karirnya di tahun 2011 dengan menjadi seorang penyanyi beraliran hip hop.

Kala itu, namanya menjadi buah bibir lantaran video-video aksi nge-rap yang diunggahnya di channel YouTube menjadi viral.Setelah dikenal, ia kerap membuat heboh publik lantaran sosoknya beberapa kali mengeluarkan pernyataan kontroversial. Sebut saja di antaranya pernyataan terkait Iwa K, hingga klaim yang membawa-bawa nama grup idola K-pop, BLACKPINK.

Terlepas dari kontroversinya, ia termasuk seorang rapper yang cukup produktif dalam berkarya. Sampai tahun 2019, Young Lex sudah punya satu album dan belasan single di mana ia menggandeng musisi-musisi ternama untuk berkolaborasi, mulai dari Kemal Palevi, Gamaliel, bahkan Anji.

Pernah Jualan Nasi Uduk

Sebelum menjadi rapper fenomenal, Young Lex hanyalah orang biasa yang berjuang untuk hidup di tengah kerasnya ibukota. Saat masih berusia 5 tahun, ia telah ditinggalkan sang Ayah dan hanya hidup berdua dengan sang Ibu.

Lantaran tidak terlahir dari keluarga kaya, Young Lex pernah berjualan nasi uduk ketika duduk di bangku SMP. Nasi uduk itu dibeli dari penjual di dekat rumahnya seharga Rp5000, kemudian dijualnya dengan harga Rp7000.

Jadi Office Boy dan Karyawan Bioskop

Lulus SMA, pria bertato ini terpaksa melepaskan impiannya untuk kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) karena ketiadaan biaya. Ia sempat menghabiskan waktunya dengan sekadar nongkrong sampai akhirnya bertemu dengan Felix (Flizzy). Keduanya pun memperlajari musik hip hop dan beatboxing.

Namun, segalanya ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk bisa terus mengasah kemampuan, Young Lex membutuhkan uang. Akhirnya, ia pun bekerja sebagai seorang office boy dan pernah menjadi karyawan di bioskop demi mendapatkan biaya untuk melakukan rekaman.

Selain merekam lagu, ia juga membuat videoklip lagu rap yang kemudian diunggah di YouTube. Dari situlah namanya mulai dikenal dan dipanggil untuk mengisi acara musik.

Rapper

Perjuangan Young Lex untuk menjadi rapper membuahkan hasil setelah video-video rapp-nya viral di YouTube. Pria campuran Batak dan Ambon ini memulai karier sebagai rapper di 2011. Pada 2013, lagunya yang berjudul Ini Gaya Gue dirilis ulang dan dibawakan secara kolaborasi dengan rapper Iwa K, serta dijadikan soundtrack film King of Rock City.

Semenjak itulah ia mulai rajin menelurkan single solo maupun kolaborasi dengan banyak musisi. Beberapa musisi yang pernah menjadi rekan kolaborasinya antara lain, Gamaliel personel GAC di lagu Slow, Kemal Palevi dan Mack G di Anjayyyyyy, hingga Anji di single bertajuk Flashback.

Dari belasan lagu yang pernah dirilisnya, salah satu yang paling terkenal adalah O Aja Ya Kan yang termasuk dalam album YOGS (Young Original Gila Swag) (2015). Ada pula single berjudul Bad yang tak kalah fenomenal lantaran ia menggandeng sosok sensasional, yaitu Awkarin.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jawab Tudingan Plagiat MV Lay EXO, Young Lex: Itu Urusan PH"
[Gambas:Video 20detik]