5 Fakta Joko Pinurbo, Penyair Kawakan Yogyakarta yang Penuh Syair Humor

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 17 Mei 2022 12:22 WIB
Penyair asal Yogyakarta Joko Pinurbo
Foto: @sastragpu/ Joko Pinurbo
Jakarta -

Nama Joko Pinurbo bukan sembarang penyair. Lahir di Yogyakarta pada 11 Mei 1962, Joko Pinurbo dikenal sebagai penyair yang sukses menorehkan gaya dan warna tersendiri dalam dunia puisi Indonesia.

Kegemarannya menulis puisi sudah ditekuni sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Pria yang menyelesaikan pendidikan terakhirnya di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (sekarang Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta itu baru saja meluncurkan buku puisi terbaru berjudul Epigram 60, kemarin.

Berikut 5 fakta soal Joko Pinurbo, penyair kawakan Yogyakarta yang penuh dengan syair humor dan ironi:

1. Epigram 60

Akhir pekan lalu, Joko Pinurbo baru saja menerbitkan buku kumpulan puisi terbarunya Epigram 60. Peluncuran buku yang digelar secara daring dan luring itu terselenggara di toko buku Gramedia Yogyakarta.

Epigram 60 dirilis bertepatan dengan ulang tahun pria yang akrab disapa Jokpin yang ke-60. Jumlah puisinya ada 60 syair.

2. Perpaduan Humor dan Ironi

Puisi-puisi Jok Pinurbo dikenal sebagai perpaduan antara narasi, humor, dan ironi. Dia dikenal piawai menggunakan dan mengolah citraan yang mengacu pada peristiwa dan objek sehari-hari dengan bahasa yang cair tapi tajam.

Puisi-puisinya banyak mengandung refleksi dan kontemplasi yang menyentuh absurditas sehari-hari.

Tapi di sisi lain, Jokpin juga gemar mempermainkan dan memakai keunikan kata-kata bahasa Indonesia sehingga banyak puisinya hanya dapat dibaca dan dinikmati dalam bahasa Indonesia.

3. Karya saat Pandemi

Saat pandemi global menghantam Indonesia, Joko Pinurbo tidak berhenti berkarya. Dia menerbitkan dua buku puisi yakni Salah Piknik yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU) dan Sepotong Hati di Angkringan oleh DIVA Press.

Dua buku puisi itu dirilis secara berbarengan di momentum bulan yang sama. Saat peluncuran buku puisi secara virtual, Jokpin juga tak menyangka bisa menulis dua karya secara berbarengan dalam waktu kurang dari setahun.

"Dua buku ini lahir di luar rencana, saya buka rahasia saja ya. Saya sebetulnya ini menulis dua buku cerita dan sudah menyampaikan kepada editor di GPU dan Diva Press kalau tadinya akan menerbitkan kumpulan cerpen dengan masing-masing karakter berbeda," tutur Jokpin.

(Baca halaman berikutnya)



Simak Video "Puisi untuk Putin, Artis Annalynne McCord Jadi Sorotan Netizen"
[Gambas:Video 20detik]