Susahnya Rilis Situs Resmi MANGA Plus, dari Terjemahan hingga Marak Pembajakan

Tia Agnes - detikHot
Senin, 20 Sep 2021 12:49 WIB
Aplikasi MANGA Plus terbitan Shueisha
Situs layanan MANGA Plus terbitan Shueisha Foto: Istimewa
Jakarta -

Shueisha meluncurkan layanan MANGA Plus di seluruh dunia sejak Januari 2019. Situs resmi membaca manga terbitan Shueisha itu hadir secara global dengan 50 judul termasuk 13 seri yang selesai rilis.

Para pecinta manga bisa membacanya dalam berbagai pilihan bahasa, mulai dari Inggris, Spanyol, Thailand, Portugis Brasil, Indonesia sampai Rusia.

Untuk bahasa Indonesia ada 5 manga yang bisa dibaca secara gratis. Ke depannya, Shueisha merencanakan bakal menambahkan lebih banyak konten dalam bahasa baru.

Namun di usia dua tahun layanan global tersebut, Editor Shueisha yang mengelola layanan online Shonen Jump+ dan MANGA Plus, Yuta Momiyama mengatakan ada banyak halangan dan tantangan.

"Prioritas kami adalah membuat versi resmi manga semudah mungkin untuk bisa dibaca pembaca manga di seluruh dunia daripada memonetisasi platform," ucap Yuta Momiyama, dilansir dari berbagai sumber, Senin (20/9/2021).

Menurutnya, pihak Shueisha ingin meminimalisir dampak dari pembajakan dan menutup kesenjangan waktu terbitan manga di Jepang dan mancanegara.

"Lisensi luar negeri untuk adaptasi layar lebar saat ini sangat menguntungkan, dan popularitas manga di MANGA Plus sekarang menjadi faktor menentukan apakah serial tersebut mendapatkan adaptasi anime," sambungnya lagi.

Di sisi lain, Yuta Momiyama juga mengeluhkan biaya terjemahan yang terbilang tinggi. Saat ini, kualitas terjemahan mesin sangat renda namun dalam jangka waktu 10 tahun harus ditingkatkan lagi.

"Jika kita dapat menghasilkan terjemahan berkualitas tinggi dalam banyak bahasa berbeda, ini akan menjadi pengubah permainan layanan membaca manga di dunia," tambahnya.

Sampai saat ini, pengguna bulanan aktif situs MANGA Plus ada 5 juta. Setiap kali bab terbaru rilis dari serial terpopuler ada 1 juta pembaca yang langsung membacanya.

Aplikasi gratis MANGA Plus bisa diunduh dan dibaca langsung. Pembaca pun bisa membeli volume buku yang dikompilasi untuk judul-judul tertentu.

Ke-50 judul komik yang terbit di antaranya adalah manga terpopuler di Jepang One Piece, The Promised Neverland, My Hero Academia, Haikyu!!, BORUTO, Hunter x Hunter, Dragon Ball Super, Yu-Gi-Oh! Arc-V sampai Black Clover.

Selain itu ada 13 judul komik yang sudah selesai terbit dan bisa dibaca oleh pengguna MANGA Plus. Mereka adalah Naruto, Bakuman, Rosario+Vampire, Nisekoi, Claymore, Tokyo Ghoul, One Piece Part 1, Assassination Classroom, Death Note, Dragon Ball, Rurouni Kenshin: Meiji Swordsman Romantic Story, Bleach, dan Jojo's Bizarre Adventure.



Simak Video "Kreator Sakit, Manga 'Jujutsu Kaisen' Dihentikan Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)