Penerbit Pastikan Tetap Terbitkan Manga Berserk Sepeninggal Komikus

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 14 Sep 2021 11:45 WIB
Manga Berserk
Manga Berserk tetap terbit sepeninggal komikus Kentaro Miura Foto: Istimewa
Jakarta -

Sepeninggal komikus Berserk, Kentaro Miura, yang meninggal dunia pada 6 Mei, nasib manganya masih dipertanyakan. Kini penerbit di balik Berserk mempublikasikan sebuah surat kepada penggemar tentang masa depan manganya.

Departemen editorial Hakusensha mengumumkan setelah pencipta Berserk meninggal, penerbit dan pembacanya sama-sama terkejut.

"Kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada semua pembaca Berserk atas dukungan yang berkelanjutan selama ini," tulis keterangan penerbit seperti yang diunggah lewat akun Twitter resminya, Selasa (14/9/2021).

Penerbit menegaskan manga Berserk bab 364 dalam volume majalah yang terbit adalah karya terakhir sang komikus.

"Ini adalah karya terakhir dari almarhum Kentaro Miura," kata penerbit Hakusensha.

"Kami dapat melanjutkan manuskrip yang dia tulis, yang tertinggal, dan diterbitkan saat ini berkat dukungan penuh dari anggota Studio Gaga, yang bekerja bersama Berserk dan komikus Kentaro Miura selama bertahun-tahun," sambungnya.

Penerbit Hakusensha juga melanjutkan rilis terbaru dari manga Berserk bakal terbit Desember 2021.

"Kami berterima kasih kepada semua pembaca untuk waktu yang lama terutama saat keadaan tidak jelas informasinya dan ambigu. Volume ini juga kami putuskan menggunakan sketsa tintanya untuk sampul khususnya kali ini," kata Hakuensha.

Dia pun melanjutkan, "Kami sadar betapa besar dan kuatnya Berserk bagi kami seperti Pedang Besi Perkasa milik Guts."

Manga Berserk adalah salah satu manga terlama dan terpopuler sepanjang masa. Kentaro Miura menulis dan mengilustrasikan manganya yang rilis sejak tahun 1989 dan masih berlangsung sampai sekarang.

Serial manga Berserk berlatarkan abad pertengahan, terinspirasi dari Eropa dan mengikuti kisah tentang dua tentara bayaran bernama Guts dan Griffith.

Sejak terbit, manga Berserk terjual lebih dari 50 juta salinan fisik dan digital yang beredar. Berserk pun terbit sebanyak 350 bab dan terbit dalam 40 volume.

Manga Kentaro Miura meninggal akibat diseksi jantung aorta akut. Ia meninggal secara tiba-tiba pada 6 Mei 2021 dan tutup usia di umur 54 tahun.



Simak Video " Kangen Sama Anak, Mantan Suami Nindy Ayunda Sering Kirim Surat"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/srs)