Kentaro Miura Meninggal, Manga Duranki Berhenti Terbit

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 15 Sep 2021 17:30 WIB
Manga Duranki Karya Kentaro Miura
Manga Duranki karya Kentaro Miura berhenti terbit usai sang mangaka meninggal Foto: Majalah Zero/ Istimewa
Jakarta -

Kabar kematian mangaka Kentaro Miura yang meninggal pada 6 Mei lalu mengagetkan para pembaca manga. Banyak yang tak menyangka pencipta manga Berserk itu meninggal di usia 54 tahun.

Sepeninggal Kentaro Miura, penerbit Hakusensha mengumumkan berbagai proyek tak selesai dari sang komikus. Salah satunya adalah manga Duranki yang terpaksa harus berhenti terbit.

Keputusan untuk mengakhiri manga datang setelah pertimbangan dan diskusi antara editor dan Studio Gaga menyusul kepergian Miura.

"Manga Duranki (Duruanki) yang dibuat berdasarkan cerita asli dari pencipta Berserk Kentaro Miura terpaksa berakhir," tulis keterangan Majalah Young Animal Zero.

Manga Duranki diluncurkan di majalah tersebut pada September 2019. Studio Gaga milik Kentaro Miura dikreditkan sebagai tim produksi bagi manga yang dibuat komikus.

Duranki menceritakan tentang kesenjangan antara langit dan bumi. Baik dewa maupun manusia. Seorang anak yang diberi nama oleh naga, Usmugar, berpetualang dalam dunia kuno.

"Menggunakan kebijaksanaan dan mitos baru yang sedang dibangun di negara itu," lanjut keterangan majalah.

Nantinya, manga Duranki bakal dicetak dalam bentuk kompilasi pada 24 Desember 2021. Hari yang sama dengan volume buku kompilasi ke-41 dari manga Berserk.

Kentaro Miura meninggal pada 6 Mei karena diseksi aorta akut. Sejak pengumuman kematian Miura tersebar, pencipta manga di Jepang dan seluruh dunia menyampaikan rasa duka cita yang mendalam.

Sebelumnya, departemen editorial Hakusensha juga mengumumkan kelanjutan manga Berserk yang menjadi karya ikonik sang komikus.

"Kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada semua pembaca Berserk atas dukungan yang berkelanjutan selama ini," tulis keterangan penerbit seperti yang diunggah lewat akun Twitter resminya.

Penerbit menegaskan manga Berserk bab 364 dalam volume majalah yang terbit adalah karya terakhir sang komikus.

"Kami dapat melanjutkan manuskrip yang dia tulis, yang tertinggal, dan diterbitkan saat ini berkat dukungan penuh dari anggota Studio Gaga, yang bekerja bersama Berserk dan komikus Kentaro Miura selama bertahun-tahun," sambungnya.

Manga Berserk adalah salah satu manga terlama dan terpopuler sepanjang masa di Jepang. Kentaro Miura menulis dan mengilustrasikan manganya yang rilis sejak tahun 1989 dan masih berlangsung sampai sekarang.



Simak Video "Kreator Sakit, Manga 'Jujutsu Kaisen' Dihentikan Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)