Rekor! 100 Volume Manga One Piece Terjual Masing-masing 1 Juta Eksemplar

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 12 Sep 2021 11:05 WIB
Manga One Piece Volume 100
(Foto: WSJ_Manga/ Twitter) Rekor! 100 Volume Manga One Piece Terjual Masing-masing 1 Juta Eksemplar
Jakarta -

Manga One Piece untuk kesekian kalinya mencapai rekor penjualan. Sebanyak 100 volume cetakan manga One Piece yang sudah dijual di toko buku, masing-masingnya laku sebanyak 1 juta eksemplar. Wah!

Situs Oricon baru saja mengumumkan data 100 volume manga kompilasi One Piece karya Eiichiro Oda terjual 1,17 juta kopi. Angka itu menempati peringkat pertama dalam chart komik mingguan untuk periode 30 Agustus sampai 5 September 2021.

Dilansir dari Anime News Network, volume manga One Piece pertama yang menempati peringkat grafik adalah volume ke-50 yang terbit 16 Juni 2008.

Sejak tahun 2008, One Piece adalah seri manga shonen (pembaca pria) yang memegang predikat volume penjualan paling banyak. Di posisi kedua ada Attack on Titan dengan 34 volume, dan Naruto di tempat ketiga dengan 31 volume.

One Piece juga menjadi satu-satunya seri shonen yang merilis volume secara berkala setiap tahunnya. Serta selalu berada dalam grafik terpopuler dalam 14 tahun.

Awal bulan ini, manga One Piece mencapai volume ke-100 yang rilis perdana di Jepang pada 3 September 2021. Volume terbaru yang berjudul Haoshoku itu diapresiasi oleh pembaca setianya.

Secara khusus, Eiichiro Oda mengomentari penerbitan manga One Piece volume 100 dan mengucap rasa terima kasih kepada istri dan anak perempuannya.

Dia bernostalgia terhadap banyak peristiwa dari perjalanan One Piece sebelum volume 100. Dalam sebuah wawancara, seperti yang diterjemahkan akun Twitter fanbase @Sandman_AP, Eiichiro Oda awalnya meminta maaf karena pernah membuat lelucon tentang tentara Jepang di Perang Dunia ke-2.

"Malaikat kecilku mengatakan kepadaku, 'Jangan khawatir!!'. Malaikat besarku membesarkan hatiku dan mengatakan, 'Tersenyumlah!'. Kemudian, mereka membuat makanan yang enak untukku," ucap Eiichiro Oda.

Eiichiro Oda pun mengaku terharu menerima banyak perhatian dari fans. "Saya menerima banyak perhatian dari pembaca, tapi sebenarnya selalu ada perasaan tak nyaman ketika saya berdiri di hadapan orang-orang terkenal (karakter One Piece)," kata Eiichiro Oda.

Eiichiro Oda menerbitkan serial manga One Piece di majalah mingguan Shonen Jump Shueisha pada 19 Juli 1997. Volume ke-57 sukses dicetak sebanyak 3 juta kopi dan menjadi rekor industri nasional di Maret 2010.

Volume ke-67 pun dicetak sebanyak 4,05 juta kopi dan juga mencapai rekor terbaru pada Agustus 201.

Pada 2012, One Piece memenangkan Penghargaan Kartunis Jepang ke-41 dan ditetapkan sebagai Rekor Dunia Guinness pada 2015 untuk kategori salinan terbanyak yang diterbitkan untuk seri komik yang ditulis oleh satu orang penulis.

(tia/aay)