5 Manga Terpopuler di Jepang, Mana Favoritmu?

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 04 Feb 2021 07:55 WIB
Manga One Piece
5 manga terpopuler di Jepang, berikut di antaranya: Foto: Istimewa
Jakarta -

Kepopuleran Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba meroket tajam setelah penayangan versi layar lebarnya di pertengahan 2020 di Jepang. Demam Demon Slayer itu pun merebak ke berbagai negara lainnya termasuk Indonesia.

Setiap tahunnya, situs Oricon mengumumkan judul manga yang terpopuler dan disukai masyarakat. Mengawali 2021, berikut 5 manga terpopuler versi Oricon yang dirangkum dari November 2019 sampai akhir tahun 2020.

Deretan judul manga di bawah ini adalah komik yang terjual di Jepang dari segi serial bukan volume, seperti dirangkum detikcom:

1. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba (82,3 juta)

5 Manga Terpopuler di Jepang5 Manga Terpopuler di Jepang Foto: Istimewa

Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba secara keseluruhan terjual di Jepang sebanyak 82,345,447 eksemplar. Angka ini meningkat tajam sampai membuat manga ciptaan Koyoharu Gotouge beradalam dalam posisi pertama versi Oricon.

Volume ke-23 manga Demon Slayer saja terjual 2,85 juta eksemplar dalam waktu seminggu setelah rilis. Jika digabung dengan versi bahasa Inggris, maka angkanya naik menjadi 102,8 juta eksemplar. Wah!

Edisi terbatas Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba volume 20 dan 21 juga terlaris di posisi ke-27 dan 28 sehingga menempati 30 manga terlaris.

Ini adalah pencapaian utama Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba setelah manga One Piece pada 2012.

2. Kingdom (8,2 juta)

5 Manga Terpopuler di Jepang5 Manga Terpopuler di Jepang Foto: Istimewa

Manga Kingdom merupakan seri seinen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yasuhisa Hara. Manga ini mengisahkan tentang periode Negara Perang dalam bentuk fiksi yang diceritakan melalui pengalaman dari seorang anak yatim bernama Xin dan rekan-rekannya.

Oricon mencatat manga Kingdom terjual sebanyak 8,251,058 setelah posisi pertama Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

3. One Piece (7,7 juta)

5 Manga Terpopuler di Jepang5 Manga Terpopuler di Jepang Foto: Istimewa

One Piece bergeser di posisi ketiga versi deretan Oricon. Mereka mencatat manga yang diciptakan oleh Eiichiro Oda itu terjual sebesar 7,709,667 eksemplar.

Manga One Piece menceritakan petualangan Monkey D Luffy sebagai seorang anak laki-laki yang ingin menjadi Raja Bajak Laut. Untuk mencapai tujuan ini, Luffy harus menemukan harta karun Gold Roger, One Piece, yang disembunyikan di suatu tempat.

4. Haikyuu!! (7,2 juta)

5 Manga Terpopuler di Jepang5 Manga Terpopuler di Jepang Foto: Istimewa

Manga Haikyuu!! resmi berakhir di bab ke-402 pada pertengahan tahun 2020. Tapi situs Oricon mencatat Haikyuu!! terjual sebanyak 7,212,099.

Manga shonen (bagi pembaca laki-laki) yang ditulis dan diilustrasikan oleh Haruichi Furudate itu menceritakan tentang Hinata Shoyo dan cintanya kepada olahraga voli.

Hinata Shoyo terinspirasi oleh seorang pemain voli profesional yang bertubuh kecil. Ia mulai aktif main di tim voli SMP sampai berlanjut ke SMA di Karasuno High.

5. Jujutsu Kaisen (6,7 juta)

5 Manga Terpopuler di Jepang5 Manga Terpopuler di Jepang Foto: Istimewa

Di posisi paling buncit, manga Jujutsu Kaisen menempati posisi kelima versi situs Oricon dengan angka penjualan di Jepang sebanyak 6,702,736. Manga karya Gege Akutami diketahui sedang naik daun di negara Sakura teebut.

Rilis pada Oktober 2020, sampai sekarang manga Jujutsu Kaisen terjual sebanyak 20 juta eksemplar untuk versi cetak dan digital.

Manga Jujutsu Kaisen menceritakan tentang remaja laki-laki yang hidup sendiri setelah sang kakek meninggal dunia. Ia punya tubuh normal layaknya laki-laki tapi kekuatannya sangat kuat dan bisa melihat kutukan.

Saat SMA, ia bergabung dengan klub paranormal. Suatu malam, seorang temannya diserang oleh makhluk yang cukup kuat dan dia pun melawannya.



Simak Video "Kebahagiaan Netizen Sambut One Piece Chapter 1000"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)