Baca Manga Kini Bisa Subtitle Bahasa Indonesia di Situs Resmi MangaPlus

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 02 Feb 2021 10:08 WIB
Manga One Piece
Foto: Manga One Piece/ Istimewa
Jakarta -

Kabar bahagia bagi para pembaca setia manga. Kini layanan situs online MangaPlus Shueisha menambahkan versi subtitle berbahasa Indonesia untuk empat judul manga yang diterbitkannya awal pekan ini.

Sejak Senin (1/2/2021), pembaca bisa membaca subtitle bahasa Indonesia di manga One Piece karangan Eiichiro Oda, Black Cover karya Yuki Tabata, SPY x Family Tatsuya Endo, dan manga Monster #8 karya Naoya Matsumoto.

Dilansir dari Anime News Network, editor Shonen Jump + Shueisha, Yuta Momiyama, menuturkan alasan di balik penambahan versi bahasa Indonesia di situs legal tersebut.

"Menurut survei kami, Indonesia punya jumlah pembaca manga di MangaPlus tertinggi yang ketiga," kata Yuta Momiyama.

Kabar itu membahagiakan bagi para pembaca setia manga. Sejak lama, mereka yang berlangganan situs tersebut hanya membaca komik favoritnya dalam bahasa Inggris.

"Akhirnya kami bisa mewujudkannya di awal Februari ini," katanya.

Shueisha meluncurkan MangaPlus di seluruh dunia termasuk di luar Jepang, seperti China dan Korea Selatan pada Januari 2019. Sejak saat itu, layanan manga gratis menawarkan lebih dari 60 judul dalam bahasa Inggris.

MangaPlus pun meluncurkan versi berbahasa Spanyol pada Februari 2019. Disusul versi bahasa Thailand di Desember 2019.

Layanan online membaca manga yang resmi dari Shueisha itu menerbitkan bab-bab terbaru dari seri yang diterbitkan oleh majalah mingguan Jump Shueisha, Jump Square, dan layanan Shonen Jump +. Bab terbaru yang rilis pun bersamaan dengan waktu perilisan di Jepang.

Meski MangaPlus tersedia gratis untuk diunduh dan dibaca, pengguna bisa membeli volume buku cetak yang dikompilasi untuk judul manga tertentu.

Bab pertama dan bab terbaru dari manga yang terbit di situs MangaPlus Shueisha juga tersedia gratis. Sebagian dari pendapatan iklan di situs tersebut langsung masuk kepada mangaka atau penulis manga tersebut.



Simak Video "Kreator Sakit, Manga 'Jujutsu Kaisen' Dihentikan Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)