Eiichiro Oda Sengaja Buat Mata Kiri Roronoa Zoro Buta

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 27 Jan 2021 20:01 WIB
Karakter Roronoa Zoro
Karakter Roronoa Zoro dalam manga One Piece mata kirinya buta atau tertutup, mengapa? Foto: Istimewa
Jakarta -

Karakter Roronoa Zoro dalam manga One Piece menarik untuk ditelisik. Akhirnya Eiichiro Oda membicarakan soal salah satu karakter ciptaannya dalam kru Topi Jerami yang dipimpin Monkey D Luffy.

Selama ini, Eiichiro Oda jarang mengungkapkan berbagai hal yang terjadi dalam karakter yang dibuatnya. Ia juga hampir tidak pernah mengomentari berbagai teori penggemar yang berseliweran di jagat maya.

Tapi dalam sebuah wawancara yang dipublikasikan di buku katalog pameran Rurouni Kenshin, ada hasil wawancara antara Nobuhiro Watsuki dan Eiichiro Oda. Pencipta One Piece itu diketahui pernah menjadi asisten dari komikus Rurouni Kenshin tersebut.

Usia keduanya pun terbilang berbeda 5 tahun. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan keduanya setelah manga One Piece pertama kali rilis pada 1997, Oda pernah mengatakan ingin membuat karakter Zoro menjadi satu mata di masa depan.

"Setelah mendengar obrolan itu, Nobuhiro Watsuki menyerahkan diri membuat protagonis bermata satu di Gun Blaze West (komik Watsuki lainnya) yang bakal terbit serialisasinya," tulis keterangan akun fanbase One Piece @Sandman_AP yang menerjemahkan hasil wawancara tersebut.

Saat itu, Nobuhiro Watsuki menerangkan ia ingin menghindari situasi agar pembaca manga tidak salah sangka.

Ia tidak ingin penggemar One Piece maupun Rurouni Kenshin mengira Oda mencuri ide dari Watsuki.

Tapi sayangnya saat Nobuhiro Watsuki menanyakan mengapa mata kiri Zoro menjadi ditutup, Oda tidak menjelaskan alasannya.

"Mata kiri Roronoa Zoro ditutup sebelah kirinya masih menjadi misteri," ucap Nobuhiro Watsuki.

Mata kiri Roronoa Zoro tertutup setelah timeskip dua tahun yang berlalu. Ia merupakan anggota pertama Bajak Laut Topi Jerami dan percaya Luffy akan menjadi raja bajak laut suatu hari nanti.

Setelah timeskip (2 tahun berlalu), perubahan penampilan itu yang dikenali oleh pembaca One Piece. Ada bekas luka tanda sayatan yang membuat mata kirinya tertutup. Ada banyak teori penggemar yang mengungkapkannya, misalnya mata kiri Zoro buta setelah tertebas pedang ketika melawan Babon.

Ada juga yang berpendapat Zoro punya Sharingan di mata kirinya seperti Hatake Kakashi.

Obrolan keduanya terjadi di tahun 2000 atau 3 tahun setelah manga One Piece terbit. Saat ini, manga One Piece sudah berusia lebih dari 23 tahun dan sukses diadaptasi jadi anime dan live action.



Simak Video "Kebahagiaan Netizen Sambut One Piece Chapter 1000"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/srs)