Aksi Reza Rahadian hingga Kelly Tandiono di Panggung Setelah Lewat Djam Malam

ADVERTISEMENT

Aksi Reza Rahadian hingga Kelly Tandiono di Panggung Setelah Lewat Djam Malam

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 02 Des 2022 19:03 WIB
Sejumlah aktor dan aktris berakting dalam pertunjukan teater berjudul Setelah Lewat Djam Malam di Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, Jakarta, Kamis (1/12/2022). Pertunjukan yang memadukan seni teater dan film dalam satu panggung tersebut diilhami dari film klasik Lewat Djam Malam (1954) karya sutradara Usmar Ismail. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Jakarta -

Reza Rahadian, Lukman Sardi hingga Kelly Tandiono kembali memukau lewat aksinya dalam pementasan teater Setelah Lewat Djam Malam. Pertunjukan silang-media yang berasal dari film klasik karya Usmar Ismail yang berjudul Lewat Djam Malam.

Pentas yang digelar sejak malam ini hingga esok malam, awalnya menampilkan monolog yang dibuka oleh Reza Rahadian. Sang aktor berperan sebagai Iskandar.

"Pertunjukan dimulai dari bagian akhir film. Siapakah Iskandar? Namanya tidak tercatat, dilupakan. Iskandar seorang letnan biasa yang nasibnya tidak jauh berbeda dengan letnan lainnya," buka Reza Rahadian.

Sepulangnya Iskandar ke Tanah Air di dekade 1950-an, ia merasakan ada hal yang membuatnya senang sekaligus sedih. Dia bahagia karena akhirnya berjumpa dengan tunangannya, Nor. Di satu sisi, ia juga gelisah karena ada cita-cita revolusi yang belum usai.

Iskandar dalam kisah Setelah Lewat Djam Malam merasakan ketimpangan sosial. Dia mengalami tekanan untuk segera mapan dan menikah dengan tunangannya.

Sepenggal kisah itu memulai pertunjukan Setelah Lewat Djam Malam yang bakal hadir pada 2-3 Desember 2022 di Graha Bhakti Budaya, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.

Di bawah arahan sutradara teater Indonesia terkemuka, Yudi Ahmad Tajudin (sutradara penerima Anugerah Seni Kemendikbud, peraih Ibsen Scholarship-Norwegia, dan Asian Cultural Council/ACC-New York Fellow), serta tim kreatif yang terdiri dari aktor dan seniman-seniman pertunjukan ternama di Indonesia, pentas ini berdialog antara film dan teater. Panggungnya dipersembahkan oleh produser Yulia Evina Bhara dari KawanKawan Media sebagai alternatif lain, yang berkelas, atas seni pertunjukan di Indonesia.

Yudi Ahmad Tajudin sebagai sutradara pertunjukan Setelah Lewat Djam Malam mengungkapkan, "Kerangka estetika pertunjukan ini bukan sekedar 'alih wahana', yang memindahkan ekspresi seni dari satu wahana ke wahana lain tapi 'silang-media', yang mempertemukan dan mendialogkan wahana atau media yang berbeda-beda sebagai satu kesatuan ekspresi," ungkap Yudi Ahmad Tajudin.

Sejauh ini, proses latihan yang telah dilakukan telah membuka dan menciptakan bentuk seni pertunjukan yang segar. "Semoga penonton nanti juga bisa mendapatkan pengalaman menonton yang segar dan berbeda," sambungnya.

Selain itu, Setelah Lewat Djam Malam juga melibatkan musisi Mery Kasiman sebagai Penata Musik, Ugoran Prasad sebagai Dramaturg, Sigit D. Pratama sebagai Penata Panggung, Retno Damayanti sebagai Penata Kostum, Deden Bulqini sebagai Penata Visual, Adhiwinanto Semali sebagai Penata Kamera Panggung, Heliana Sinaga dan Yustiansyah Lesmana sebagai Asisten Sutradara, Ignatius Sugiarto sebagai penata Cahaya, Siko Setyanto, dan Josh Marcy dari sebagai Koreografer.



Simak Video "FFI Dikecam Usai Ada Pelaku Pelecehan Jadi Juri, Ini Kata Reza Rahadian"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT