Lebaran Teater Jakarta Siap Digelar Awal Desember 2022

ADVERTISEMENT

Lebaran Teater Jakarta Siap Digelar Awal Desember 2022

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 30 Nov 2022 20:04 WIB
Festival Teater Jakarta 2022
Foto: Dian/ FTJ
Jakarta -

Festival Teater Jakarta 2022 siap digelar pada 1-12 Desember 2022. Lebarannya anak-anak teater Ibu Kota itu merupakan festival tertua yang ada di Indonesia.

Puncak apresiasi teater setelah melalui proses lomba di setiap wilayah Jakarta merupakan acara inti. Program yang digelar oleh Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta berfungsi untuk membangun ekosistem teater.

Mengusung tema Ingatan dan Kemudian, Lebaran Teater ini merupakan gerbang membangun ekosistem seni teater selain lomba.

"Perayaan ini adalah sebuah upaya untuk membangun 'ingatan' sebagai refleksi dan 'kemudian' sebagai kenyataan menghadapi masa depan. Teater tidak hanya sebagai sebuah perayaan, tapi juga mengajak pegiat teater untuk menghadapi kinerja secara kolektif dan kolaboratif," kata perwakilan FTJ dalam keterangan yang diterima.

Lebaran Teater sebagaimana kata 'lebaran' dapat dimaknai sebagai 'usai', 'sesudah', ikhlas, dan seterusnya. Penyelenggara FTJ ingin memetakan pencapaian artistik, kecenderungan gaya, dan pola kerja setiap kelompok serta jejaring penontonnya.

Setiap kelompok mendapat tantangan untuk mengeksplorasi dan menyiapkan karya terbaik di hadapan penonton yang lebih beragam dengan semangat kerja profesional.

Ada 13 pertunjukan dari kelompok teater yang bakal tampil. Mereka adalah Music and Theatre DeltaDua (Belanda), Theatre Company shelf (Jepang), theatercombinat A/DE (Austria & Jerman), Para Pencari Bintang Jakarta, Teater Sapta, Sun Community, Teater Petra, Pasukan Sastra 78, Sanggar Seni Bintang, Bengkel Kreasi Seni Teknik UI (BKST UI), Teater eL Na'ma, Teater Kuda Hitam, dan Bumikalamtara.

Pertunjukan yang digelar berlangsung di area Taman Ismail Marzuki, Institut Kesenian Jakarta, GoetheHaus, dan Komunitas Salihara, Pasar Minggu.



Simak Video "Nikita Mirzani Dipolisikan Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT