5 Patung Yesus di Indonesia, Salah Satunya dari Limbah Besi

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 24 Des 2021 17:53 WIB
Buntu Burake, Tana Toraja, Sulsel memiliki objek wisata religi yang megah. Di lokasi ini terdapat Patung Yesus Buntu Burake, patung Yesus tertinggi di dunia!
5 patung Yesus di Indonesia Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Indonesia tak hanya kaya akan ragam budaya dan bahasa saja, namun juga patung ikonik yang berada di penjuru daerah. Patung itu menjadi simbol tempat bersejarah namun juga aneka makna di baliknya.

Jelang hari Natal 2021, redaksi detikcom merangkum 5 patung Yesus yang ada di Tanah Air. Ada patung Yesus yang menjadi tertinggi sampai patung yang terbuat dari material limbah besi. Berikut di antaranya:

1. Patung Yesus dari Limbah Besi, Cilangkap, Jakarta Timur

Pada 2015, pematung Teguh Ostenrik membuat patung Yesus untuk sebuah gereja di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur. Patung berjudul Corpus Christi itu terbuat dari limbah besi seberat 1 ton dan setinggi 5,30 meter.

Teguh Ostenrik memasangnya di Gereja St Yohannes Maria Vianney di Cilangkap. Patung yang dibuatnya menceritakan kembali kelahiran Yesus Kristus.

Menurut penjelasan Teguh Ostenrik, dalam kepercayaan umat Nasrani, Yesus akan terlahir kembali di dunia. "Saya bilang misalkan Yesus lahir ke Jakarta, nggak akan terlahir di rumah sakit atau rumah mewah tapi di Bantar Gebang," ungkapnya kepada detikcom, dalam sebuah wawancara.

Patung Yesus Kristus Karya Teguh OstenrikPatung Yesus Kristus Karya Teguh Ostenrik Foto: Istimewa

2. Patung Yesus Buntu Burake, Tana Toraja

Patung Yesus Buntu Burake, Tana Toraja, Sulawesi Selatan tak kalah megah dengan patung serupa yang ada di Rio de Janeiro, Brasil. Patung setinggi 40 meter yang menghadap kota Makale ini disebut tertinggi di dunia.

Buntu Burake, Tana Toraja, Sulsel memiliki objek wisata religi yang megah. Di lokasi ini terdapat Patung Yesus Buntu Burake, patung Yesus tertinggi di dunia!Buntu Burake, Tana Toraja, Sulsel memiliki objek wisata religi yang megah. Di lokasi ini terdapat Patung Yesus Buntu Burake, patung Yesus tertinggi di dunia! Foto: Kemenparekraf

3. Patung Yesus Memberkati, Manado

Patung ini memiliki tinggi 30 meter dengan penopang 20 meter. Patung yang terletak di kompleks Citraland Winangun, Bitung, Manado punya ketinggian total sekitar 50 meter.

Patung Yesus Memberkati di Pulau LembehPatung Yesus Memberkati di Pulau Lembeh Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Uniknya patung ini berdiri tegap dengan lengan terentang dan punya kemiringan lebih dari 20 derajat. Jika dilihat dari atas udara, patung Yesus ini terlihat seperti melayang dengan dua lengan terangkat ke atas.

4. Monumen Yesus Raja, Maluku

Monumen ini terletak di Maluku dan berada di atas bangunan tiga lantai. Tingginya mencapai 25 meter dan dibangun oleh Pemerintah Daerah Maluku pada 2004. Duta Vatikan untuk Indonesia yang meresmikannya.

Monumen ini menjadi salah satu destinasi wisata rohani di Maluku dan kerap dipakai untuk misa keagamaan.

5. Patung Yesus Memberkati Gollu Potto, Sumatera Barat

Patung yang berada di lokasi Taman Wisata Religi Gollu Potto dirampungkan pada 2020. Butuh tiga tahun lamanya untuk menyelesaikan patung tersebut dan menjadi karya termegah d Pulau Sumba.



Simak Video "Patung Yesus Memberkati, Pesona Religi Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)