10 Peristiwa Culture Terhot: Rekor Lukisan Raden hingga Nasib DKJ

ADVERTISEMENT

Hot Top 10

10 Peristiwa Culture Terhot: Rekor Lukisan Raden hingga Nasib DKJ

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 21 Des 2021 15:06 WIB
Lukisan Raden Saleh A View of Megamendung atau Pemandangan Megamendung Dilelang Rp 24,8 Miliar
Lukisan Raden Saleh sukses cetak rekor. Foto: Courtesy of Jack-Phillippe Ruellan Auction
Jakarta -

Sepuluh hari lagi, 2021 segera berakhir dan menyisakan beberapa agenda untuk diselesaikan. Dunia hiburan tak hanya diramaikan oleh berita seleb, industri perfilman, dan musik saja namun juga ranah budaya di Tanah Air.

Berikut kaleidoskop 2021 dari ranah seni dan budaya detikcom, seperti dirangkum redaksi:

1. Lukisan Raden Saleh Cetak Rekor

Lukisan Raden Saleh A View of Megamendung atau Pemandangan Megamendung Dilelang Rp 24,8 MiliarLukisan Raden Saleh A View of Megamendung atau Pemandangan Megamendung Dilelang Rp 24,8 Miliar Foto: Courtesy of Jack-Phillippe Ruellan Auction

Lukisan Raden Saleh A View of Megamendung sukses mencetak rekor terjual 2,2 juta euro atau sekitar Rp 36 miliar di Prancis pada 2 Desember 2021. Berita menggembirakan ini menjadi sorotan publik utama sepanjang tahun.

Harga prediksi awalnya ditaksir senilai Rp 16,5 sampai Rp 24,8 miliar. Ini adalah salah satu dari lukisan langka Raden Saleh yang tersebar di mancanegara.

2. Fenomena Mural Dihapus

Pertengahan Agustus 2021, mural Tuhan Aku Lapar di Jalan Arya Wangsakara, Tigaraksa, Tangerang, yang dibuat HSC Forum membuat heboh di kalangan pencinta seni jalanan. Setelah mural itu, satu per satu mural lainnya dihapus oleh aparat pemerintah.

Mural Tulisan Dibungkam di Yogyakarta Dihapus AparatMural Tulisan Dibungkam di Yogyakarta Dihapus Aparat Foto: Anagard/ Instagram

Ada mural Dipaksa Sehat di Negara yang Sakit, 404: Not Found, Wabah Sesungguhnya Adalah Kelaparan, mural Dibungkam di kolong Jembatan Kewek yang juga memicu aksi masif para seniman Yogyakarta, mural Orang Miskin Dilarang Sakit sampai mural mirip Jokowi ditutup masker di Bandung, Jawa Barat.

Awal Desember, Presiden Jokowi menyentil fenomena mural dihapus yang kerap dilakukan di kalangan Polsek setempat. "Itu sebetulnya urusan di polsek yang saya cek di lapangan. Tapi nyatanya dihapus," ujar Jokowi.

3. Jakarta Biennale 2021

Jakarta Biennale 2021 akhirnya digelar setelah tertunda empat tahun. Digelar di tengah pandemi, Jakarta Biennale menjadi sorotan pameran seni bergengsi setiap dua tahun, dan kali ini digelar di Museum Nasional dan Gedung STOVIA, Jakarta Pusat.

Pameran seni tertua dan terbesar di Indonesia Jakarta Biennale 2021 kembali menyapa para pencinta seni. Jakarta Biennale sempat tertunda selama 4 tahun lamanya.Pameran seni tertua dan terbesar di Indonesia Jakarta Biennale 2021 kembali menyapa para pencinta seni. Jakarta Biennale sempat tertunda selama 4 tahun lamanya. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Di kota Yogyakarta, ARTJOG 2021 dan pameran seni lainnya di berbagai daerah mulai bergeliat lagi memajang karya para seniman di tengah pandemi.

4. Kabar dari Dunia Manga

Kabar seputar dunia manga menarik untuk ditelisik. Di awal tahun, manga One Piece mencapai bab ke-1.000 dan mencapai rekor. Ace, saudara laki-laki Monkey D Luffy secara khusus muncul lagi di bab tersebut. Di akhir 2021, manga One Piece mencapai Arc Wano.

Manga One Piece Volume 99, 100, dan 101Manga One Piece Volume 99, 100, dan 101 Foto: One Piece/ Istimewa

Setelah 11 tahun terbit, manga Attack on Titan pun berakhir di April 2021. Untuk kategori manga baru yang bersinar menjadi pendatang baru ada Jujutsu Kaisen hingga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba yang terpopuler berkat versi filmnya tayang. Serta jadi manga paling berpengaruh versi Majalah TIME.

5. Tokoh Budaya Meninggal Dunia

Para tokoh budayawan, sastrawan, hingga penulis yang meninggal dunia dibuka dengan sastrawan Radhar Panca Dahana yang meninggal pada 22 April. Lalu penulis Ali Topan Anak Jalanan Teguh Esha meninggal pada 17 Mei karena terpapar COVID-19.

Radhar Panca DahanaRadhar Panca Dahana Foto: Ari Saputra

Pada 13 Juni, sastrawan Toeti Heraty Noerhadi juga tutup usia di umur 87 tahun. Seminggu berikutnya penulis Lupus dan Saras 008, Gusur Adhikarya juga meninggal dunia.

Pada 2 Juli, Ki Manteb Soedarsono meninggal di usia 72 tahun di rumahnya Karanganyar, Surakarta. Sebulan berikutnya, dua sastrawan meninggal yakni Akhudiat pada 7 Agustus dan Budi Darma di 21 Agustus.

Pada 6 Oktober, sutradara dan penulis naskah Teater Garasi Gunawan Maryanto meninggal karena serangan jantung.

(Baca halaman berikutnya di 10 peristiwa culture terhot)



Simak Video "Meski Fobia Ketinggian, Iqbaal Ramadhan Sukses Lakukan Adegan Lompat Gedung"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT