Museum The Academy of Motion Pictures Rilis Katalog Karya Hayao Miyazaki

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 05 Agu 2021 18:02 WIB
Museum The Academy of Motion Pictures
Foto: Museum The Academy of Motion Pictures/ Istimewa
Jakarta -

Museum The Academy of Motion Pictures atau dikenal dengan nama Museum Oscar segera menyapa para pencinta seni lewat karya-karya yang ditampilkan. Di penyelenggaraan perdana, karya dari salah satu pendiri Studio Ghibli Hayao Miyazaki pun ditampilkan.

Sebelum dibuka untuk umum, Museum Oscar mengumumkan pekan ini merilis katalog karya sang sutradara. Katalog dapat dibeli pada 7 September melalui Academy Museum Store.

Penerbit DelMonico Books yang turut menerbitkan buku tersebut. Serta D.A.P Artbook yang mendistribusikan ke seluruh dunia.

Katalog merupakan salah satu dari tiga katalog debut yang direncakan oleh Museum The Academy of Motion Pictures. Nantinya, bakal ada buku yang memuat karya sutradara Spike Lee dan Pedro Almodovar.

Buku katalog Hayao Miyazaki menampilkan karya seni produksinya yang belum pernah ditampilkan di hadapan publik. Setebal 288 halaman, di kata pengantar ditulis oleh pendiri Studio Ghibli lainnya yakni Toshio Suzuki.

Ada juga pengantar dari CCO Pizar Peter Docter, kritikus film Daniel Kothenschulte, dan kurator pameran museum Jessica Niebel.

"Karya yang dihadirkan belum pernah terlihat di luar arsip Studio Ghibli. Dari film-films seperti My Neighbor Totoro (1988) dan Spirited Away (2001)," tulis keterangan museum.

Ada lebih dari 200 sketsa konsep, desain karakter, storyboard, tata letak, sel, latar belakang, klip film sampai ide cerita di balik segala karyanya.

"Pameran juga punya acara pendamping dan barang dagangan Studio Ghibli yang unik di toko museum," tulis keterangan museum.

Rencananya, Museum The Academy of Motion Pictures bakal dibuka pada 30 September setelah pratinjau perdana lima hari sebelumnya atau 25 September.

Sebelumnya, aktor Tom Hanks mengumumkan di upacara Academy Awards ke-92 pada Februari 2020 bahwa museum Oscar akan dibuka setelah beberapa kali penundaan di 14 Desember 2020.

Proyek museum ini sudah diumumkan sejak tahun 2012 dengan tanggal yang diproyeksikan pada 2017. Saat itu, pameran Hayao Miyazaki bakal dibuka pada Desember 2018.

Secara keseluruhan, museum menggali sejarah 90 tahun Oscar. Museum berada di persimpangan Wilshire Boulevard dan Fairfax Avenue di Los Angeles, Amerika Serikat.



Simak Video "Hiu di Film 'Jaws' Resmi Dipajang di Museum Oscar"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)