ARTJOG 2021 Digelar Daring hingga PPKM Darurat Dilonggarkan

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 04 Agu 2021 17:03 WIB
ARTJOG 2021
ARTJOG 2021 masih digelar secara daring sampai PPKM dilonggarkan Foto: ARTJOG/ Istimewa
Jakarta -

Festival seni rupa ARTJOG kembali digelar tahun ini mulai 8 Juli 2021 di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta. Mengusung tema Time (to) Wonder, pameran yang menampilkan 41 seniman itu tetap digelar secara daring dengan mengangkat konsep 'waktu' sebagai kata kunci pameran ini.

Dalam keterangan pers yang diterima detikcom, ARTJOG digelar saat pandemi secara daring sampai masa Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilonggarkan. Meski serba terbatas, ARTJOG tetap hadir di tengah masyarakat.

Direktur ARTJOG, Heri Pemad mengatakan selama masa pandemi ada banyak perubahan kebijakan publik yang terjadi mendorong ARTJOG agar berinovasi.

"Kita berhadapan dengan periode yang tidak menentu, yang membuat kami harus semakin terbiasa dengan antisipasi dan improvisasi," ungkap Heri Pemad.

ARTJOG 2021ARTJOG 2021 Foto: ARTJOG/ Istimewa

Sejak awal dibuka pada 8 Juli, penyelenggara ARTJOG sudah menerapkan sistem daring bagi para pencinta seni yang melihat karya. Dengan format tersebut, ARTJOG berusaha menjadi pameran percontohan yang bisa diterapkan sebagai kebiasaan baru.

"Banyak seniman dan pelaku budaya di kota Yogyakarta mengharapkan aturan yang jelas supaya tetap dapat melakukan kewajibannya sebagai seorang seniman," sambung Heri Pemad.

"Karya kreatif yang tidak melulu bersifat menghibur tapi lebih dari itu. Seniman bisa memberikan tawaran pemikiran-pemikiran yang berguna bagi kehidupan bermasyarakat," jelasnya.

Sekretaris Yayasan Hita Pranajiwa Mandaya, Gading Paksi selaku penyelenggara ARTJOG menegaskan ARTJOG tetap diselenggarakan bukan untuk melanggar aturan.

"Kami hadir bukan untuk melanggar aturan atau menantang kondisi," tegasnya.

ARTJOG 2021ARTJOG 2021 Foto: ARTJOG/ Istimewa

Dia pun melanjutkan, "Secara penyelenggaraan kami siap menjadi ruang eksperimen bersama untuk para seniman dan pekerja kreatif supaya tetap bergerak dan bertahan di masa seperti ini."

Selain pameran seni, ARTJOG 2021 juga menyajikan ragam program yang bisa diakses secara daring di situs dan akun resmi media sosial ARTJOG.



Simak Video "Karya-karya Memikat di Pameran Nandur Srawung #8 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)