Nonton TransTV dan Trans7 Bakal Lebih Mantap di Siaran TV Digital

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 15 Apr 2022 18:31 WIB
trans tv
Foto: Logo TransTV.
Jakarta -

Nggak lama lagi kita akan beralih dari siaran TV analog ke siaran TV digital. Mulai 30 April 2022, pemerintah Indonesia akan melakukan program ASO (Analog Switch Off) secara bertahap dalam tiga periode hingga November 2022 mendatang. Dengan siaran TV digital ini dijamin menyaksikan saluran televisi swasta termasuk TransTV dan Trans7 akan jadi lebih mantap.

Dengan siaran TV digital, kamu nggak perlu lagi khawatir dengan kondisi cuaca buruk yang bikin gambar televisimu terganggu. Sehingga semua tayangan Bioskop Trans TV atau MotoGP di Trans7 bisa kamu saksikan dengan nyaman dan pengalaman menonton kamu akan jadi lebih menyenangkan.

Selain itu, siaran TV digital juga akan memberikan kualitas gambar dan suara siaran yang jauh lebih jernih. Dialog, efek ledakan, hingga penampilan bintang favoritmu yang sedang tampil di TransTV akan terlihat jauh lebih baik daripada siaran TV analog. Detail momen-momen penting dalam berbagai tayangan yang kamu saksikan pun akan jauh lebih menyenangkan buat disaksikan.

Yang paling terasa dari siaran TV digital adalah rasio 16:9 yang nggak lagi akan terlihat gepeng buat kamu yang sudah menggunakan TV layar lebar. Jadi tampilan tayangan di TV kamu persis seperti apa yang kamu saksikan di YouTube misalnya.

Migrasi ke siaran TV digital tahap satu dimulai 30 April 2022, dilanjutkan 25 Agustus, dan diakhiri pada 2 November 2022. Saat ini, pemerintah sudah membagikan set top box gratis TV digital untuk beberapa golongan seperti kelompok rumah tangga miskin. Kalau kamu tidak termasuk dalam golongan tersebut, kamu bisa membeli sendiri set top box siaran TV digital untuk bisa menikmati kelebihan-kelebihan yang disebutkan di atas. Salah satu yang dipercaya pemerintah lewat Kominfo untuk berpartisipasi dalam program ASO adalah Set Top Box Matrix.

Set Top Box Matrix nggak hanya akan memberikan kamu siaran TV digital dengan kualitas terbaik, karena sudah dilengkapi dengan sertifikasi seperti izin postel, TKDN, dan SNI. Tapi juga Set Top Box Matrix sudah dilengkapi dengan EWS atau Early Warning System sebagai alat pendeteksi dini apabila terjadi bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tsunami, dan lainnya.

Salah satu yang dipercaya pemerintah lewat Kominfo untuk berpartisipasi dalam program ASO adalah Set Top Box Matrix.Salah satu yang dipercaya pemerintah lewat Kominfo untuk berpartisipasi dalam program ASO adalah Set Top Box Matrix. Foto: dok. Istimewa

Set Top Box Matrix sudah punya beberapa tipe yang bisa dipilih mulai dari Apple Merah, Apple Silver, Apple Kuning, dan Garuda. Seri Apple Merah baru saja di-update dengan versi baru DVB2-IP yang kini menjadi satu-satunya Set Top Box di Indonesia dengan teknologi MPEG-5 (HEVC) yang dibekali memori 1GB dan Port LAN. Dengan satu Set Top Box Matrix ini, kamu bisa menyambung 1 TV dan 4 device sekaligus tanpa internet, tanpa iuran bulanan, harga mulai Rp 200 ribuan, dan tanpa instalasi.

"Terdapat begitu banyak fitur-fitur hiburan buat keluarga seperti YouTube, YouTube Kids, Vidio, TikTok, dan yang luar biasanya lagi terdapat fitur share screen melalui aplikasi Meecast. Hanya dengan 1 alat saja, TV lama anda bisa menjadi Smart TV, " ujar Indrawati Tjendana, Sales Director Matrix, dalam rilis resminya.

(aay/mau)