Transcendence, Ketika Bos Teknologi Johnny Depp Berhasil Cuci Otak

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Selasa, 28 Sep 2021 16:52 WIB
Film Transcendence
Transcendence, ketika Johnny Depp jadi AI. Dok. WarnerBros via IMBb
Jakarta -

Transcendence merupakan film karya sutradara Wally Pfister yang telah dirilis sejak tahun 2014. Film berdurasi 119 menit ini akan tayang di Bioskop Transtv malam ini 28/09/2021 pukul 22.00 WIB.

Transcendence merupakan film fiksi ilmiah yang bercerita tentang sepasang ilmuan yaitu Will Caster (Johnny Depp) dan Evelyn (Rebecca Hall) yang melakukan penelitian terkait AI (Artificial Intelligence).

Will dan Evelyn berkeinginan untuk mengembangkan komputer berdasarkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang canggih. Untuk mendapatkan banyak dukungan gagasan mengenai teknologi tersebut disampaikan oleh Will Caster dalam presentasi publik.

Akan tetapi, ide Will justru ditentang oleh kelompok anti teknologi RIFT (Revolutionary Independence From Technology). Saat Will Caster mempresentasikan idenya, ilmuwan ini ditembak hingga sekarat.

Melihat suaminya nyaris meninggal, Evelyn memberanikan diri mengunggah kesadaran Will Caster pada sistem komputer yang mereka kembangkan. Meski fisiknya sudah meninggal, namun kesadaran Will Caster berhasil bertahan hidup dalam teknologi tersebut.

Will Caster yang kemudian melanjutkan hidupnya dalam dunia virtual, justru mengembangkan kemampuannya dengan semena-mena. Will Caster bisa menyampaikan dan memanipulasi informasi ke khalayak luas dan mencuci otak banyak orang dengan teknologi nanonya.

Perbuatan yang dilakukan Will Caster dirasa sudah sangat berlebihan. Max Walter (Paul Bettany) yang merupakan rekan kerja Will Caster juga telah merasa bahwa tindakan yang dilakukan Will sudah di luar batas.

Evelyn pun mulai menyadari bahwa suaminya benar-benar sudah bertindak di luar batas. Bersama agen FBI Donald Buchanan (Cillian Murphy), mereka bermaksud menggagalkan pengaruh Will Caster.

Transcendence film garapan Wally Pfister ini mendapat rating 6.3/10 pada situs IMDb. Film ini juga telah mendapat keuntungan sebesar 103 juta dolar Amerika Serikat. Lebih dari 80 juta keuntungannya didapatkan dari penayangan secara internasional.

Transcendence dapat disaksikan malam ini pukul 22.00 WIB di Trans TV.



Simak Video "Johnny Depp: Tak Ada yang Aman dari 'Cancel Culture'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)