ADVERTISEMENT

5 Fakta Moon Knight, Serial Arahan Sutradara Arab Pertama Marvel Studios

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 05 Apr 2022 07:35 WIB
Serial Moon Knight kini tayang di Disney+ Hotstar.
(Foto: dok. Marvel Studios/Disney+) Diperankan oleh Oscar Isaac, Ethan Hawke, hingga May Calamawy, berikut ini sederet fakta Moon Knight, jagoan baru MCU!
Jakarta -

Kalau kamu sudah menyaksikan episode pertama Moon Knight yang kini tayang di Disney+ Hotstar, kamu pasti sudah bisa merasakan nuansa yang berbeda dari semesta Marvel yang dihadirkan di sini. Diperankan oleh Oscar Isaac, Moon Knight disebut memberikan warna baru buat MCU.

Episode pertama Moon Knight memperkenalkan kita pada karakter bernama Steven Grant. Dia selalu dipanggil dengan nama berbeda oleh rekan-rekan kerjanya, selalu mengikat kakinya sebelum tidur, dan mengalami mimpi-mimpi (atau malah bukan?) yang sangat aneh.

Diperankan juga oleh Ethan Hawke dan May Calamawy, berikut ini sederet fakta Moon Knight, jagoan baru MCU:

1. Posisi di timeline MCU

Serial Moon Knight kini tayang di Disney+ Hotstar.Serial Moon Knight kini tayang di Disney+ Hotstar. Foto: dok. Marvel Studios/Disney+

Semua serial televisi dan film-film produksi Marvel Studios terhubung dalam satu semesta yang sama. Kini semesta itu semakin luas dengan diperkenalkannya konsep multiverse lewat Loki, Spider-Man: No Way Home, dan yang berikutnya sekuel Doctor Strange.

Namun khusus buat Moon Knight, Marvel Studios menyebut bahwa saat ini memang Moon Knight tengah berdiri sendiri. Mereka sengaja tidak menghubungkan cerita karakter utamanya dengan linimasa MCU. Meski tentu saja kita bisa berharap bahwa ke depannya karakter ini juga bakal bertemu karakter-karakter superhero lainnya.

"Tidak ada hubungan dengan MCU saat ini," tutur Grant Curtis, salah satu produser eksekutif Moon Knight. "Ia adalah karakter baru, dan ia akan menjelajahi petualangan baru juga. Kami rasa, para penggemar akan sangat menikmati ini," lanjut dia.

2. Marvel Studios tawarkan petualangan berbeda

Moon Knight mendapat ulasan yang positif dari kritikus hingga fans. Serial ini dinilai memberikan nuansa dan warna baru bagi kisah-kisah superhero MCU. Marvel Studios memang ingin menghadirkan sebuah eksplorasi petualangan yang berbeda.

Sisi supranatural dan budaya Mesir kuno pertama kalinya hadir di MCU. Meski ini tentu saja bukan kali pertama yang kita lihat di semesta Marvel karena sebelumnya X-Men (lewat Fox sebelum diakuisisi Disney) sudah pernah menampilkan hal yang sama lewat X-Men: Apocalypse (2016).

3. Sutradara Arab pertama Marvel

Oscar Isaac (kiri) dan Mohamed Diab (kanan) di lokasi syuting Moon Knight.Oscar Isaac (kiri) dan Mohamed Diab (kanan) di lokasi syuting Moon Knight. Foto: dok. Disney Indonesia

Nuansa Mesir yang kental rasanya haruslah digarap oleh orang yang tahu betul dengan budaya tersebut. Sehingga buat Moon Knight, Marvel menggaet sutradara keturunan Arab yang pernah menggarap karya seperti Cairo 678 hingga Amira, Mohamed Diab, untuk menyutradari Moon Knight. Dia merupakan sutradara Arab pertama yang dibawa Marvel Studios masuk ke MCU.

"Rasanya sangat menyenangkan dapat menampilkan tradisi kuno dan budaya modern Mesir dengan gaya yang baru dan otentik. Gambaran tentang Mesir seringkali dibuat tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya," jelas Diab dalam sebuah pernyataan.

4. Durasi lebih panjang

Mengingat kisah komik Moon Knight sudah berjalan lebih dari 40 tahun, semua hal itu harus dipertimbangkan untuk diadaptasi ke dalam serial televisi. Sehingga Marvel Studios memutuskan untuk membuat satu episode serial ini lebih panjang dari serial-serial original mereka terdahulu. Per episode Moon Knight berdurasi minimal 50 menit (sebelumnya ada di kisaran 30 menit hingga 50 menit).

5. Komedi yang juga berbeda

Oscar Isaac menyebut bahwa serial ini akan membawa sesuatu yang baru pada gaya komedi Marvel Studios. Di mana mereka fokus pada komedi berbasis karakter yang lebih halus.

Selama acara konferensi pers Moon Knight baru-baru ini, Isaac meyakinkan meskipun menyuguhkan komedi namun para penggemar masih bisa menyaksikan skala aksi khas Marvel Cinematic Universe yang eksplosif di Moon Knight. Dan pendekatannya terhadap komedi tidak berbasis aksi seperti entri film dan serial televisi sebelumnya.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT