Dokumenter Sekte Kontroversial Tentang Bunuh Diri Massal Dirilis

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 22 Des 2020 19:54 WIB
Heavens Gate
Dokumenter sekte tentang bunuh diri massal tayang di HBO /Foto: (dok.ist)
Jakarta -

Nama sekte Heaven's Gate sempat jadi perbincangan pada era 90'an di mana mereka melakukan bunuh diri massal dan jadi salah satu yang memakan korban terbanyak di dunia.

Kisah tersebut pun diangkat oleh HBO dalam tayangan dokumenter sebanyak empat episode. Mereka menceritakan bagaimana asal muasal sekte yang dibentuk oleh profesor musik bernama Marshall Applewhite.

Applewhite lahir di Texas pada 1931 lalu. Ia pun berkuliah di universitas Austin Collage dan mengambil jurusan seni di sana. Semasa kuliah ia dikenal sebagai sosok yang agamis dan supel.

"Ia adalah sosok yang religius, namun bukanlah seorang yang fanatik dengan agama. Ia adalah seorang ekstrovert dan pandai bergaul, ia pun cerdas sehingga banyak yang ingin berteman dengannya," tutur salah seorang rekannya bernama John Alexander pada The New York Times.

Pada 1952 ia lulus dan menikah dengan Ann Pearce. Applewhite pun mencoba mendaftar sebagai mahasiswa di Union Theological Seminary of Virginia di Richmond, namun sayangnya ia justru dikeluarkan dan memilih bekerja sebagai pelatih musik di salah satu gereja di sana.

Ia pun melanjutkan studi musik di University of Colorado dan mendapatkan gelar master. Namun gelar yang dipegangnya tak menjamin kariernya di bidang musik, hingga membuatnya frustasi.

Ia pun pindah ke New York dan mendaftarkan diri sebagai pengajar di University of Alabama. Namun tak lama kemudian ia dipecat usai ketahuan menjalin hubungan sesama jenis dengan mahasiswanya.

Akibat skandal tersebut, Applewhite pun harus rela berpisah dengan istri dan kedua anaknya usai digugat cerai. Ia pun kembali ke Texas dan bekerja di sana

Setelah kembali ke kampung halamannya, Applewhite mulai merasakan penyakit mental yang dideritanya dan memilih melakukan pengobatan. Di sana ia bertemu dengan Bonnie Nettles, yang saat itu masih menjadi staf perawat.

[Gambas:Youtube]


Dari Nettles inilah ia mulai belajar tentang konspirasi UFO dan alien serta ramalan-ramalan yang berada di dalam Bible. Applewhite pun bercerita padanya jika ia ditemui sosok berjubah putih yang dianggap juru selamat dalam mimpinya.

Simak perjalanan Marshall Applewhite mengembangkan sekte Heaven's Gate di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pendapatan 'Wonder Woman 1984' Menurun di Pekan Kedua"
[Gambas:Video 20detik]