ADVERTISEMENT

Musisi Bersuara di M20: Soroti Kesejahteraan hingga Konser Ramah Lingkungan

tim detikhot - detikHot
Jumat, 23 Sep 2022 14:39 WIB
music20
Foto: dok ist
Jakarta -

Music20 atau M20 merupakan salah satu rangkaian Kepresidenan G20 Indonesia. Ada banyak musisi yang terlibat di dalamnya.

Acara itu akan membahas berbagai isu dalam dunia musik. Mulai dari hak intelektual, keberlangsungan industri musik yang adil dan inklusif, transformasi digital berkelanjutan dalam industri musik, hingga soal konser ramah lingkungan, dan soal kesejahteraan pekerja kreatif.

M20 terdiri dari tiga acara, yaitu pre-event 1 pada 30 September 2022 yang digelar secara daring dan di YouTube, pre-event 2 pada 14 Oktober dan puncaknya M20 Summit yang digelar hybrid di TMII Jakarta.

Pada M20 Summit, akan ada pembacaan hasil rangkuman dari dua acara sebelumnya. Rangkuman itu juga bakal dibawa ke pertemuan puncak G20.

"Kami membantu pemerintah dalam rangka mengamplifikasi empat pesan yang dibawa Indonesia dalam G20," kata salah satu Ketua Komite Pelaksana, Tantowi Yahya.

Sederet musisi bakal terlibat dalam rangkaian M20 ini. Di antaranya Addie MS, Yovie Widianyo, Dwiki Dharmawan, Gita Gutawa, Vicky Sianipar, Anto Hoed, Marcell Siahaan, Ikke Nurjanah, Candra Darusman, dan Anggun C Sasmi.

Mereka juga membawa tiga isu utama dalam acara tersebut:

  1. Kesadaran kolektif dari insan musik bahwa Musik sebagai bahasa universal dan medium amplifikasi tiga isu prioritas: kesehatan, digitalisasi dan energi hijau.
  2. Music20 menghasilkan "call to action":
    - mendorong transformasi digital di industri musik yang adil dan inklusif
    - kesejahteraan para musisi dan pekerja ekonomi kreatif
    - membuka akses pasar untuk musik sebagai kegiatan ekonomi
    - pengarusutamaan pembelajaran musik
    - mendorong konser yang rendah emisi dan ramah komunitas
    - mendorong insan musik untuk melakukan gerakan menyebarkan kesadaran akan keempat isu prioritas
  3. Sebuah legasi Kepresidenan G20 2022 Indonesia untuk penyelenggaraan G20 selanjutnya

Para insan musik itu disebut berinisiatif untuk memulai gerakan global menyebarkan kesadaran dan memperkuat ketiga isu prioritas ini melalui musik dan menjadikan Music20 sebagai warisan Indonesia untuk G20.

Sementara, Kepresidenan G20 Indonesia yang jadi puncaknya akan digelar di Bali pada pertengahan November 2022 membawa empat isu utama, yaitu Arsitektur Kesehatan Global, Transisi Energi, Transformasi Ekonomi Digital, dan Krisis Pangan.



Simak Video "Ahmad Dhani Bakal Urus Royalti Musik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT