Alasan Tulus Konsisten Tulis Lagu dalam Bahasa Indonesia

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 27 Sep 2021 18:46 WIB
Konser Sewindu Tulus di Jakarta
Tulus. Foto: Image Dynamics/ Istimewa
Jakarta -

Lirik berbahasa Indonesia telah sekian lama menjadi ciri khas dari lagu-lagu milik Tulus. Musisi dan penulis lagu kelahiran 20 Agustus 1987 itu memang terbilang piawai dalam menjahit kata dan meramunya menjadi lirik lagu.

Rupanya, penyanyi pelantun Jangan Cintai Aku Apa Adanya itu memiliki alasan tersendiri yang melatarbelakangi keputusannya untuk konsisten menulis lagu dalam bahasa Indonesia.

Ketika Tulus mencoba mempelajari menulis lirik dalam bahasa Indonesia, ia rupanya menemukan kata-kata baru yang sebelumnya belum pernah ia dengar namun langsung bisa menyentuh hatinya.

"Pada dasarnya banyak sekali pilihan bahasa yang bisa kita gunakan untuk menyampaikan pesan dari lagu-lagu yang bisa kita bawakan. Sejauh ini memang karya-karya saya menggunakan lirik dalam bahasa Indonesia," bukanya dalam wawancara dengan detikcom.

"Sebenarnya banyak hal sih yang mendasari keputusan itu, tapi menurut saya bahasa Indonesia itu bunyinya itu indah dan kalau dilagukan saya merasa semakin indah lagi. Selain itu, semakin mudah untuk menemukan 'harta karun' dalam bahasa Indonesia. Banyak kata-kata yang ketika kita gunakan terasa asing karena tidak sering kita gunakan sehari-hari, tetapi tidak butuh waktu lama, kata itu menjadi familiar dalam perasaan kita," sambung dia.

"Terutama kalau berbicara bahasa tersebut digunakan dalam sebuah konteks karya musik," tuturnya lagi.

Salah satu cara yang kerap dilakukan Tulus untuk dapat menemukan padanan kata bahasa Indonesia yang tepat dalam lirik lagunya adalah dengan rajin mencari di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Tulus mencontohkan, salah satunya adalah kata adiwarna yang berarti indah sekali. Kata itu ia gunakan dalam lirik Labirin.

"Salah satu cara untuk menemukan harta karun tadi adalah menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, banyak sekali kata yang, contohnya saja yang terpikirkan sekarang ya, adiwarna ya itu kata yang bisa mudah ditemukan di KBBI, mungkin kalau saya sendiri bukan kata yang saya temukan setiap hari tapi indah," ujar Tulus.

Tulus akan menggelar pertunjukan virtual Terlalu Rindu yang ketiga esok hari, Selasa, 28 September 2021. Acara tersebut terselenggara berkat dukungan dari Livin' by Mandiri, Telkomsel, vivo V21, dan Pegadaian.

Untuk mendapatkan tiketnya dapat diperoleh di detik.com/tulusterlalurindu.



Simak Video "Persembahan Tulus Satu Dekade Berkarier : Terlalu Rindu"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)