Wawancara Eksklusif

Ramengvrl: Bagi Musisi Tidak Ada yang Lebih Penting dari Perspektif

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 24 Sep 2021 15:04 WIB
Ramengvrl
Ramengvrl bicara tentang pentingnya memiliki perspektif dan keberpihakan dalam menulis lagu. Foto: dok. Warner Music Indonesia/ Ramengvrl
Jakarta -

Ramengvrl baru saja merilis I'm Ugly, lagu yang mengajak pendengarnya untuk tidak merasa berkecil hati bila sedang tidak percaya diri. Uniknya, dalam lagu itu, Ramengvrl juga secara berani dan blak-blakan sekaligus menjawab komentar negatif dari orang-orang yang kerap mencacinya melalui media sosial.

"Yes I be ugly and yes you be pretty / but I be evolving and you haters stuck... These b*tches say I'm ugly / but it's ok I got money," begitu penggalan lirik dari lagu tersebut yang seolah-olah mengatakan bahwa hinaan tidak dapat menjatuhkannya.

Perempuan bernama asli Putri Estiani itu mengaku tidak serta merta langsung memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dirinya mengaku membangunnya dari nol.

"Gue ada hack-nya, yaitu fake it till you make it," ujarnya sambil tertawa. Ramengvrl mengaku pada mulanya ia adalah orang yang tidak percaya diri.

"Pas awal muncul sebagai Ramengvrl, gue nggak seberani ini. Selalu ada insecurities, segala macam. Cuman seiring waktu gue semakin belajar, gue semakin menyadari bahwa gue tuh nggak harus peduliin pendapat orang lain," tuturnya.

Keberanian dan kepercayaan diri itu pun kian tergambar di lagu-lagunya. Dalam liriknya, Ramengvrl tampak tak lagi ragu-ragu untuk menunjukkan keberpihakannya akan satu hal.

Bagi rapper kelahiran 20 April 2021 itu, lirik yang semakin tajam dan bernas itu muncul dengan sendirinya seiring pula dengan tumbuhnya kepercayaan diri yang ia miliki.

"Semua lagu gue adalah reflection dari diri gue. Gue pun ada semacam new confidence terhadap diri gue sendiri. Tentu saja gue masih insecure, gue masih kadang merasa kurang. Tapi yang mau gue bilang dari lagu itu adalah it's okay to feel down, itu manusiawi," ungkap dia.

Selaras dengan dirinya yang bertumbuh menjadi kian berani, Ramengvrl pun mengatakan bahwa keberpihakan dan perspektif adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap penulis lagu, bahkan musisi secara umum.

RamengvrlRamengvrl. Foto: dok. Ramengvrl

Menurut Ramengvrl, lagu yang diciptakan dan dibawakan oleh musisi memiliki kekuatannya tersendiri untuk ikut mempengaruhi pendengarnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk seorang penulis lagu dan penyanyi untuk mengetahui pesan apa yang ingin disampaikan melalui lagunya.

Untuk bisa menyampaikan pesan lewat lagu, ia memandang penulis lagu atau pun musisi harus memiliki perspektif dan keberpihakan terlebih dahulu.

"Menurut gue nggak ada yang lebih penting dari itu. Musisi tugasnya, mungkin orang pikir, tugasnya pembuat musik yang enak di dengar. Musik itu buat gue punya power di baliknya. Kalau dia mengumandangkan lagu yang dia aja nggak tahu message di lagunya, kalau lo bahkan tidak mengerti message di balik lagu yang lo perform, gimana caranya orang juga bisa nangkep?" kata dia.

Pentingnya Identitas

Ramengvrl selama ini tidak pernah ragu menunjukkan identitas dan latar belakang yang melekat padanya. Dalam banyak kesempatan, ia kerap kali memperkenalkan dirinya sebagai seorang rapper perempuan yang berasal dari Jakarta dan tumbuh di keluarga yang bukan bekerja di ranah seni.

Baginya, segala identitas dan latar belakang yang melekat padanya adalah hal yang penting untuk dibicarakan. Sebab, hal itu yang akhirnya membentuk dirinya kini.

Terlebih, Ramengvrl ingin meyakinkan pada orang-orang yang melihatnya bahwa bila ia bisa mendobrak segala batasan yang membelenggunya, orang lain pun mungkin bisa melakukannya.

"Gue kenapa selalu mengumandangkan itu, bukan karena gue mendiskreditkan artis atau siapa pun yang mempunyai keluarga dengan background kreatif. Tapi, untuk orang-orang di luar itu yang nggak punya koneksi sama sekali, mereka juga mungkin ada yang punya mimpi yang besar," jelasnya.

"Kalau mereka berada dari lingkungan yang berkebalikan dengan apa yang mereka mau, kadang mereka meredam. Nah, gue tuh nggak mau itu terjadi. Gue maunya adalah membuktikan bahwa lo nggak harus jadi anak artis kok untuk jadi artis, istilahnya. Gue berusaha membuktikan itu, apapun background lo, asal lo fokus, lo bisa," ucapnya yakin.



Simak Video "Respons Promotor Musik soal Lampu Hijau Konser dari Kominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)