Ada Nama Taylor Swift dan Hayley Williams Jadi Penulis Lagu Olivia Rodrigo

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 03 Sep 2021 10:15 WIB
Teen pop star Olivia Rodrigo speaks at the beginning of the daily briefing at the White House in Washington, Wednesday, July 14, 2021. Rodrigo is at the White House to film a vaccination video. (AP Photo/Susan Walsh)
Olivia Rodrigo. Foto: AP Photo
Jakarta -

Kesuksesan album perdana Olivia Rodrigo kini tak hanya dinikmati oleh penyanyi kelahiran 20 Februari 2003 seorang diri. Taylor Swift dan Hayley Williams kini juga ikut kecipratan buah dari kesuksesan album itu.

Hal itu dikarenakan Olivia Rodrigo kini mencantumkan kedua musisi tersebut sebagai salah satu pencipta lagu dirinya.

Menurut laporan Billboard, tim Taylor Swift dan Paramore telah memperoleh setidaknya USD 2 Juta atau setara dengan Rp 28,5 Milyar atas dicantumkannya nama mereka dalam kredit lagu Olivia Rodrigo.

Sebelumnya, para penggemar Taylor Swift dan paramore menemukan adanya kemiripan antara lagu milik musisi idola mereka tersebut dengan lagu milik Olivia Rodrigo.

Olivia Rodrigo lalu mencantumkan Hayley Williams dan Josh Farro sebagai penulis lagu pendamping dalam Good 4 U yang ada dalam album Sour. Sebab, Good 4 U disebut dipengaruhi oleh lagu milik Paramore yang berjudul Misery Business.

Kedua personel Paramore itu kemudian berhak atas 50 persen kepemilikan dari komposisi tersebut. Jumlah itu sama dengan yang didapatkan oleh Olivia Rodrigo dan produsernya, Dan Nigro.

Sedangkan, nama Taylor Swift dicantumkan dalam kredit lagu De Javu. Dikutip dari Uproxx, Taylor Swift memperoleh 50 persen dari royalti atas lagu tersebut. Bagian yang diperoleh untuk Taylor Swift seorang diri adalah sebesar 25 persen, sebab pelantun Blank Space itu harus membagi royaltinya dengan Jack Antonoff selaku produsernya.

Nama Olivia Rodrigo pada tahun ini memang tengah bersinar berkat album perdananya, Sour, yang meledak di pasaran. Sayangnya, ada beberapa lagu yang dinilai memiliki kemiripan dengan karya milik musisi pendahulunya.

Dalam wawancara berbeda, Olivia Rodrigo mengatakan bahwa lagu-lagu yang terdapat dalam Sour adalah kisah mengenai masa remaja. Dirinya mencoba menuliskan hal itu lewat sudut pandangnya.

"Aku rasa salah satu bagian besar dari tumbuh menjadi dewasa adalah dengan melalui cinta dan patah hati untuk pertama kali, hal itu tergambar jelas di albumku. Tetapi beberapa lagu, misalnya Brutal dan Jealousy, Jealousy merefleksikan bagian lain dari kehidupan remaja, misalnya perasaan tidak nyaman dan tidak yakin apakah bisa beradaptasi dengan dunia sekeliling," jelas Olivia.

Sour dari Olivia Rodrigo adalah album yang rilis pada 21 Mei 2021. Album yang diproduseri oleh Dan Nigro itu berisikan 11 lagu.



Simak Video "Album Debut Olivia Rodrigo Kalahkan Taylor Swift hingga Cardi B"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)