Perubahan Rich Brian usai Merantau ke AS Demi Karier

Tim Detikcom - detikHot
Kamis, 10 Jun 2021 21:04 WIB
Rich Brian
Foto: dok. 88rising/ Rich Brian
Jakarta -

Rapper Brian Imanuel atau yang dikenal dengan nama panggung Rich Brian merasa dirinya banyak berubah mendewasa semenjak merantau ke Amerika Serikat demi berkarier di industri musik mancanegara.

Menurut Rich Brian, saat pertama kali bertolak ke Negeri Paman Sam dirinya sangat ingin menjadi berhasil dan membuktikan pada orang-orang bahwa ia bisa sukses diperantauan.

Kini, ia mengaku hal itu bukan lagi tujuannya. Pelantun Drive Safe itu mengaku kini lebih mengejar pembelajaran dari proses yang ia lalui ketimbang hasil akhir.

"Aku rasa yang paling kentara adalah perubahan pada cara berpikirku. Dulu, aku selalu merasa dapat melakukan hal yang ku inginkan, itu adalah pemikiran yang bagus, tapi pertanyaannya, untuk apa? Saat itu, aku tidak tahu mengapa aku ingin menjadi sukses," ungkap dia dalam konferensi pers virtual, Kamis (10/6/2021).

Rich Brian mulai merasa pemikirannya itu bisa saja keliru ketika dia tak kunjung merasa bahagia meski impiannya telah tercapai. Ia pun lalu menyadari bahwa yang paling penting bukan lah hasil, melainkan proses yang ia lalui dan memberikannya pelajaran.

"Aku lalu mulai berpikir mengapa aku melakukan ini, mengapa aku mulai mempelajari rap, bagiku, hal yang paling tidak terlupakan dan hal terbaik yang aku rasakan adalah berada dalam sebuah proses," kata dia.

"Sekarang aku lebih menghargai proses yang ku lewati di luar sana dan menyadari bahwa tidak akan pernah ada garis akhir," sambung dia.

Pria kelahiran 3 September 1999 itu mengungkapkan dirinya kini tidak lagi menuju satu titik tertentu dan memfokuskan semua perhatiannya pada tujuan itu. Sebaliknya, ia tahu tujuannya, tetapi lebih fokus pada apa yang dilaluinya dalam perjalanan mencapai tujuan itu.

"Aku ingin fokus sebisa mungkin pada musikku, pada karierku," ujarnya.

Dia pun melihat, dua temannya, NIKI dan Warren Hue, yang sama-sama merantau ke Amerika Serikat dari Indonesia juga mengalami pendewasaan diri.

"Aku rasa ini adalah pengalaman yang berharga untuk melalui fase hidup bersama-sama, bertemu orang baru, melakukan apa yang kita kerjaan dan melihat perubahan satu sama lain," tuturnya.



Simak Video "Meriahnya Line-Up Festival 'Head In The Clouds' 2021 di Los Angeles"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)