Ampun Bang Jago Viral Lagi karena Kudeta Myanmar, Ini Sosok di Baliknya

ADVERTISEMENT

Ampun Bang Jago Viral Lagi karena Kudeta Myanmar, Ini Sosok di Baliknya

Tim Detikcom - detikHot
Rabu, 03 Feb 2021 14:53 WIB
Tian Storm dan Eversklr
Tian Storm dan Everslkr. Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta -

Setelah sempat viral beberapa waktu lalu, Ampun Bang Jago kembali terangkat. Lagu itu menjadi perbincangan Twitter setelah beredar video seorang perempuan bernama Khing Hnin Wai yang melakukan aerobik diiringi lagu tersebut.

Pelatih aerobik bernama Khing Hnin Wai itu merekam gerakan aerobik di dekat gedung parlemen Myanmar. Dia tidak menyadari, dia menari aerobik dengan latar belakang kendaraan militer yang sedang melakukan kudeta yang dilancarkan pada pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Dalam video itu, tampak konvoi tentara yang memblokade jalan. Video berdurasi 3 menit 25 detik itu pun jadi pembicaraan di dunia maya. Warganet, terutama mereka yang berasal dari Indonesia pun geger dibuatnya.

Ampun Bang Jago bukan hanya sebuah jargon yang dikemas dengan iringan musik EDM. Jargon tersebut tertuang dalam lagu yang dibuat oleh Jonathan Dorongpangalo (Tian Storm) dan Everly Salikara (Everslkr).

Musisi asal Bitung, Sulawesi Utara itu menceritakan bagaimana proses pembuatan lagu tersebut. Ampun Bang Jago, menurut mereka, tercipta dari keresahan mereka. Lagu itu mereka peruntukkan bagi orang-orang yang kerap merendahkan mereka.

"Viralnya itu cuma gimmick-nya doang ya Ampun Bang Jago, tapi materi utamanya itu ngebahas soal orang-orang yang sering ngerendahin kita," ujar Tian Storm dalam d'Happening detikcom beberapa waktu lalu.

Lagu itu tercipta karena Tian Storm dan Everslkr mengaku sering dicibir. Meski demikian, mereka tidak mau membalas cibiran itu dan memilih menuangkan kekesalan tersebut dengan sebuah lagu.

"Banyak sih, di kalangan musisi kan biasanya mereka sering nge-diss sesama musisi. Ada sifat kompetitifnya," cerita Tian Storm.

"Jadi kami ekspresikan lewat karya aja," timpal Everslkr.

Tian Storm adalah seorang rapper sekaligus DJ berkelahiran Manado 9 Juni 1996. Ia sudah mulai menggeluti musik EDM sejak duduk dibangku Sekolah Dasar (SD)

Berbeda dengan rekannya, Everslkr yang lahir di Bitung 20 Mei 1998. Ia baru tertarik terjun ke dunia musik sejak duduk di bangku Sekolah Menegah Pertama (SMP).

Keduanya bertemu di salah satu komunitas hingga akhirnya sering berkolaborasi untuk menciptakan lagu. Mereka menyebut musik yang mereka usung dengan sebutan disko tanah, khas tempat asal mereka.

"Itu kegiatan masyarakat, jadi daripada pesta atau hajatan gitu mereka ngumpulin sound system tuh, selesai acara mereka pesta, putar lagu," tutur Tian Storm.

"Disebut disko tanah itu karena semua joget di situ. Kan beda kalau kita misalnya ke klab atau ke bar. Itu kan 18+ dan orang yang udah hype atau apa. Kalau di situ ramai-ramai, anak kecil, orang tua, makanya disebut disko tanah. Karena banyak juga yang lagi baik sekarang itu adalah disco tanah. Tapi genrenya secara umum masih EDM," urai Everslkr.



Simak Video "Musisi 'Ampun Bang Jago' Bakal Kolaborasi dengan Eka Gustiwana"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT