Ampun Bang Jago Trending Twitter Gegara Kudeta Myanmar, Kok Bisa?

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 03 Feb 2021 11:30 WIB
Jakarta -

Ampun Bang Jago jadi viral dan trending Twitter saat seorang perempuan melakukan aerobik diiringi lagu tersebut. Uniknya perempuan bernama Khing Hnin Wai ini menari dengan latar belakang kendaraan militer yang melakukan kudeta Myanmar.

Dalam video Khing Hnin Wai yang direkam dekat gedung parlemen Myanmar itu tampak konvoi tentara yang memblokade jalan. Video berdurasi 3 menit 25 detik ini pun sontak jadi pembicaraan di jagat maya dan membuat netizen Indonesia geger.

Ilmuwan politik dari Universidad de Salamanca, Spanyol Angel Marrades dalam cuitannya di akun @VonKoutli menyinggung pelatih aerobik itu tak menyadari di belakangnya telah terjadi kudeta yang dilancar militer pada pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi.

Angel Marrades turut menyertakan video dalam cuitannya itu. Hanya saja Marrades tak tahu soal lagu Ampun Bang Jago yang mengiringi senam Khing Hnin Wai .

Setelah itu sejumlah akun asal Indonesia menimpali. Di antaranya akun @jawadywn. "The song makes it 100x funnier ("Ampun Bang Jago" is a sarcastic Indonesian slang phrase which is often used to mock arrogant police/military officers)," cuit @jawadywn

Sementara akun @pxxko menyebut, "Ampun Bang Jago is the official anthem of the military coup in Myanmar LOL."

Ampun Bang Jago merupakan lagu populer yang diciptakan dua musisi asal Bitung, Sulawesi Utara Jonathan Dorongpangalo alias Tian Strom dan Ever Slkr atau Everly Salikara.

"Yang viral nya itu cuma gimmick-nya doang ya Ampun Bang Jago, tapi materi utamanya itu ngebahas soal orang-orang yang sering ngerendahin kita," ujar Tian Storm dalam d'Happening detikcom beberapa waktu lalu.

Tian Storm adalah seorang rapper sekaligus DJ berkelahiran Manado 9 Juni 1996. Ia sudah mulai menggeluti musik EDM (electronic dance music) sejak duduk dibangku Sekolah Dasar.

Sementara rekannya, Everslkr yang lahir di Bitung 20 Mei 1998 tertarik terjun ke dunia musik sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama.

Sebelum trending gegara kudeta di Myanmar, lagu Ampun Bang Jago sempat viral juga ketika dipakai oleh grup sepak bola Inggris, West Ham, sebagai musik latar dari cuplikan gol-gol mereka.

Berikut lirik lagu Ampun Bang Jago

Ampun bang jago

Sory bang jago

Abang jago

Yeah bom bom bom bom bom

Ampun bang jago, abang jago

Sory bang jago, ampun bang jago

Kalian merasa tinggi biar ku merendah

Kalian merasa hebat biar ku yang lemah

Merasa paling terbaik tapi cara kalian licik

Mangkage takage skil otodidak mar beking diri pande

Jangan senang dulu semua tinggal tunggu waktu

Eh ada yang manis tapi itu bukan susu

Anak baru haus pujian datang seolah dia jagoan

Maaf jo dang, sory jo dang

Ampun bang jago

So dapa lia dorang muncul satu satu

Baku rampas tahta so pasti itu yang dorang tuju

Nyanda perlu sebut nama, dorang peka deng ni lagu

Semua tau siapa yang nomor satu

Saat dorang datang muncul

Baku lawang paling jago

Kita masih tetap se tunjung makang puji

Biar jo ngoni yang dapa anggap jago

Karna kita tetap slalu yang paling dapa puji.

Jadi smangat jo berkarya, walau nyanda berguna.

Jika intinya diterjemahkan dalam bahasa Indonesia arti lagu Ampun Bang Jago kurang lebih :

"Kalian merasa tinggi biar ku merendah/kalian merasa hebat biar ku yang lemah/merasa paling terbaik tapi cara kalian otodidak/udik, skil otodidak, tapi merasa paling pintar"

(pal/erd)