Raisa-Isyana Kolaborasi bareng Gita Bahana Nusantara Buat HUT RI ke-75

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 10 Agu 2020 18:33 WIB
raisa dan isyana
Foto: Gresnia Arela/Wolipop
Jakarta -

Ada yang istimewa di penampilan orkestra dan paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) di tahun 2020 ini. Orkestra terbesar di Indonesia ini akan menampilkan kolaborasi bersama dua penyanyi pop Indonesia masa kini yaitu Raisa dan Isyana Sarasvati.

Kolaborasi Isyana Sarasvati dan Raisa dengan Gita Bahana Nusantara akan jadi sajian istimewa di perayaan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus mendatang. Sayangnya karena pandemi Corona, kolaborasi ini tidak bisa dilakukan secara bertatap muka, melainkan secara virtual.

Dalam event online bertajuk Bincang Inspiratif: Tetap Beraksi, Tuai Prestasi bersama Gita Bahana Nusantara yang digelar lewat aplikasi Zoom pada Senin (10/8/2020), Raisa dan Isyana hadir mengungkapkan perasaan tidak sabar mereka untuk menyanyi bersama. Isyana Sarasvati akan membawakan lagu Tanah Air dalam kolaborasi ini. Sementara Raisa masih merahasiakan lagu yang akan dibawakannya.

Raisa yang mengaku fans GBN merasa senang bisa diajak berkolaborasi dengan tim orkestra terbesar se-Indonesia ini.

"Aku fans beratnya GBN. Aku rasa kalau misalkan aku nggak jadi penyanyi, nggak punya album atau apa, aku akan berusaha keras buat masuk GBN," katanya.

Raisa hadiri webinar GBNFoto: Tangkapan layar Raisa saat menghadiri Webinar GBN (dok. detikcom)

Untuk penampilannya di 17 Agustus nanti, Raisa sendiri telah melakukan latihan secara terpisah. Sebuah tantangan buatnya terutama soal perbedaan register vokal dan juga jenis musik yang biasa dibawakan oleh GBN.

"Tantangan terbesarnya di aransemen. Tinggi banget nadanya. Aku yang (tanya ke diri sendiri) bisa nggak ya? Tapi I have to make it my own," katanya.

Di sisi lain, Isyana Sarasvati sudah bisa membayangkan ekspresi dan perasaannya ketika membawakan lagu Tanah Air versi aransemen orkestra. Meski menyayangkan kolaborasi ini harus dilakukan secara digital, namun Isyana menyebut ini adalah sebuah wadah untuk tetap berkarya.

"Aku akan nyanyi lagu Tanah Air pakai orkestra, itu pasti merinding. Nggak apa-apa sekarang (dilakukan secara) virtual. Kita masih diberi wadah untuk mengekspresikan diri dan karya. Kita harus tetap bersyukur masih ada cara dan medium lain untuk berkarya," kata pelantun Lexicon itu.

Isyana SarasvatiFoto: Tangkapan layar Isyana saat menghadiri Webinar GBN (dok. detikcom)

Kolaborasi Isyana Sarasvati, Raisa, dan orkestra Gita Bahana Nusantara akan bisa disaksikan secara streaming eksklusif pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Gita Bahana Nusantara adalah orkestra terbesar di Indonesia yang sudah terbentuk sejak tahun 2003. Tahun 2020 ini, GBN memasuki usianya yang ke-17. GBN adalah wadah gabungan paduan suara dan orkestra yang pesertanya berusia 16 hingga 23 tahun dan dipilih lewat audisi di seluruh Indonesia.

Setiap tahunnya, GBN selalu memeriahkan HUT RI di Istana Merdeka. Tahun ini karena pandemi semua penampilan dilakukan secara virtual dan akan ditayangkan di TVRI pada 17 Agustus 2020 pukul 20:00 WIB.

(aay/aay)