detikHot

Podcast Hari Musik Nasional

Penghasilan Musisi Tidak Pasti, Dari Mana yang Terbesar?

Senin, 09 Mar 2020 20:36 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Hari Musik Nasional detikHOT bersama Wendi Putranto, Azizah Hanum dan Ryan Kampua Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Selama ini, musik kerap dianggap sebagai ranah pekerjaan yang penuh dengan ketidakpastian. Hal itu tidak ditampik oleh mereka yang bekerja dalam bidang tersebut.

Akan tetapi co-founder M Bloc dan manajer Seringai, Wendi Putranto, mengungkapkan musik sebenarnya bisa menjadi ladang penghidupan yang menjanjikan.


Menurut amatannya, perputaran uang di industri musik sebenarnya tinggi. Asalkan, para penggiat di dalamnya bersedia untuk bekerja keras.

"Hitungannya milyaran dan terus terang sangat menjanjikan, tapi ya semua datang nggak overnight, kalau buat Seringai sendiri sudah 17 tahun, masuk tahun 18, selalu percaya lah kalau kerja keras pasti ada hasilnya," ujarnya dalam podcast Main Stage edisi spesial Hari Musik Nasional.


Wendi menyarankan, bagi mereka yang ingin berkecimpung di dunia musik, kreatifitas menjadi salah satu kunci utama. Dia juga tidak menampik bahwa industri musik penuh dengan ketidakpastian, maka menurutnya ada baiknya, apabila musisi memiliki pekerjaan sampingan sebagai sekoci di saat darurat.

"Dalam kondisi yang tidak pasti, kita (pelaku musik) juga harus kreatif," tutur Wendi.


Lantas, sebenarnya dari mana pundi-pundi para musisi berasal?

Photo Gallery
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Doa Para Musisi di #HariMusikNasional"
[Gambas:Video 20detik]

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com