DetikHot

music

Efek Rumah Kaca Sambut HUT RI dengan 'Merdeka'

Jumat, 12 Ags 2016 14:13 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
Efek Rumah Kaca Sambut HUT RI dengan Merdeka Foto: internet
Jakarta - Efek Rumah Kaca kembali merilis lagu baru. Kali ini, menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, Cholil Cs meluncurkan single bertajuk 'Merdeka'.

Dari rilis yang diterima detikHOT, Kamis (11/8/2016), lagu tersebut ternyata berdiri sendiri. 'Merdeka' tidak ada di album ERK sebelumnya, yaitu 'Sinestesia'.

Lagu tersebut bisa dibilang merupakan materi lama yang dimiliki ERK. Sebab 'Merdeka' sebenarnya sudah ditulis sejak sepuluh tahun lalu.

"Struktur penulisan lagunya bisa dibilang kembali kepada struktur awal musik ERK, yang 'pendek dan langsung' jika dibandingkan dengan pola penulisan lagu pada album 'Sinestesia' yang cenderung panjang dan penuh secara komposisi," jelas Cholil sang vokalis.


Yang unik, di lagu ini suara Adrian justru mendominasi. Lalu ada juga suara trompet, trombon dan koor di akhir lagu.

"Dengan demikian lagu ini menurut kami bukanlah sekadar pengulangan dari karya-karya kami terdahulu," ucap Cholil mengungkapkan hal tersebut sebagai pembeda karyanya.

Selain tentunya berisi tentang makna kemerdekaan, 'Merdeka' juga menyinggung isu sosial. Salah satunya adalah soal perlawanan ibu-ibu terhadap pabrik semen di Kendeng, Rembang, Jawa Tengah dan isu kekerasan yang kerap terjadi di Papua.

Tidak hanya merilis single yang sudah bisa didengarkan di situs musik digital, ERK juga memperkenalkan video klip 'Merdeka'. Video tersebut digarap oleh fotografer ternama Anton Ismael.
(dar/mmu)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed