ADVERTISEMENT

16 Film Indonesia-Korea yang Diputar di KIFF 2022

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 20 Sep 2022 21:04 WIB
kiff
16 Film Indonesia-Korea yang Diputar di KIFF 2022. (Foto: Atmi Ahsani Yusron)
Jakarta -

Korea Indonesia Film Festival 2022 (KIFF 2022) kembali digelar. Ajang tahunan yang digagas oleh KCCI (Korean Cultural Center Indonesia) bersama CGV itu akan dimulai 29 September hingga 2 Oktober 2022. Ada 16 film dari Indonesia dan Korea yang akan diputar sepanjang festival.

Film yang disajikan pun beragam. Mulai dari genre horor hingga aksi-fantasi. Buat yang ketinggalan beberapa film drama pemenang penghargaan Internasional seperti Broker (Koreeda Hirozaku) dan Decision To Leave (Park Chan Wook), bisa menonton keduanya di momen KIFF 2022.

Film-film Indonesia yang meraih jutaan penonton juga akan ditayangkan, di antaranya Pengabdi Setan 2: Communion dan KKN di Desa Penari. Diputarnya film KKN di Desa Penari itu juga dibarengi dengan terpilihnya Tissa Biani sebagai Festival Ambassador KIFF 2022.

Tissa Biani menghadiri konferensi pers KIFF 2022 yang digelar di CGV Grand Indonesia pada Selasa (20/9/2022). Pemeran karakter Nur dalam film produksi MD Pictures dan PicHouse Pictures itu merasa tersanjung telah terpilih sebagai ambassador buat KIFF 2022.

"Sebelumnya kan dua teman aku, Angga (Yunanda) dan Iqbaal (Ramadhan) sudah pernah jadi ambassador. Aku juga ngikutin KIFF di tahun-tahun sebelumnya. Jadi kenapa tidak mau (jadi ambassador tahun ini)? Acara ini unik dan seru karena perpaduan antara dua negara, lineup filmnya juga keren dan seru-seru," ujar Tissa Biani.

Rivki Morais selaku Festival Director KIFF 2022 mengungkapkan bahwa timnnya sudah lama ingin menggaet Tissa Biani buat jadi ambassador festival. Mereka mengaku sangat kagum dengan deretan film yang sudah diperankan Tissa Biani, terutama penampilannya di 3 Nafas Likas (2014).

Kolaborasi antara KIFF 2022 dengan Tissa Biani bak mimpi jadi nyata. Terlebih film KKN di Desa Penari yang diperankannya tahun ini juga menjadi film horor Indonesia dengan penonton terbanyak sepanjang masa.

"Dia begitu spesial. Kita maunya Tissa Biani buat ambassador tahun ini, karena kita menilai dia berhasil memerankan karakter dari thread Twitter ke layar film," ujar Rivki.

KIFF 2022 akan digelar di empat kota besar di Indonesia. Malang jadi kota terbaru yang masuk jajaran kota yang menggelar KIFF 2022. Film-film yang diputar di KIFF 2022 bisa disaksikan di CGV Grand Indonesia (Jakarta), 23 Paskal (Bandung), Jwalk Sahid Mall (Yogyakarta), dan Malang City Point (Malang).

Untuk lineup film yang ditayangkan di KIFF 2022, tim telah mengkurasi film-film terbaik dengan komposisi genre yang seimbang. Film terbaru yang sedang yang di Korea Selatan saat ini yakni Confidential Assignment International akan jadi film pembuka KIFF 2022. Film itu sukses meraih jutaan penonton dan masih tayang hingga hari ini. Confidential Assignment International dibintangi oleh Yoona SNSD dan Hyun Bin.

Tiket KIFF 2022 bisa dibeli dengan harga Rp 15 ribu lewat aplikasi CGV, web CGV, dan offline di box office CGV masing-masing kota yang sudah disebutkan sebelumnya. Pembelian tiket akan diumumkan lewat media sosial CGV dan KIFF 2022.

Berikut 16 film yang akan ditayangkan di Korea-Indonesia Film Festival 2022 nanti:

Film Korea:

1. Confidential Assignment International (opening movie)
2. Broker
3. Alienoid
4. Ashfall
5. Hansan
6. EXIT
7. The Roundup
8. The Policeman's Lineage
9. Pawn
10. Happy New Year
11. The Witch: Part 2
12. Decision to Leave (closing movie)

Film Indonesia:

1. Pengabdi Setan 2: Communion
2. KKN di Desa Penari (Uncut)
3. Mencuri Raden Saleh
4. Miracles In Cell No. 7

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT