ADVERTISEMENT

Avatar Tayang Lagi di Bioskop, James Cameron Beri Alasan Wajib Nonton Ulang

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 18 Sep 2022 14:19 WIB
Sam Worthington sebagai Jake Sully dalam Avatar. Foto: Twentieth Century Fox. All Rights Reserved.
Foto: dok. Twentieth Century Fox
Jakarta -

Avatar (2009) pertama kali tayang di bioskop 12 tahun lalu. Teknologi yang dihadirkan film yang ditulis dan disutradarai James Cameron ini pada saat itu belum pernah dipakai di film lain. Teknologi 3D menjadikan Avatar sebuah pengalaman menonton yang berbeda. Selain itu, planet Pandora tempat para Na'vi hidup juga menghadirkan pemandangan yang luar biasa indah di luar angkasa.

12 tahun berlalu, Avatar dirilis ulang ke bioskop. Kali ini dalam versi re-mastered yang menghadirkan audio dan visual yang lebih baik dan mumpuni. James Cameron sebagai sutradara merasa bahwa inilah waktunya buat mereka yang selama ini tahu Avatar dari menonton di platform streaming dan Blu-ray untuk melihatnya di layar lebar.

"Sudah 12 tahun sejak film ini dirilis jadi kalau sekarang kau berusia 22 atau 23 tahun, sangat besar kemungkinannya kalau kalian belum menonton Avatar di bioskop. Yang mana buatku, mereka yang tidak nonton di bioskop berarti belum nonton film ini karena satu-satunya cara menikmati Avatar adalah dengan melihatnya di layar besar, dengan teknologi 3D (pada masa itu). Sekarang, di re-release ini, Avatar telah disempurnakan dalam format 4K, dalam dynamic range yang tinggi, dan beberapa bagian dari filmnya dibuat dengan 48 frame-per-second," kata James Cameron dalam konferensi pers daring yang dihadiri detikcom belum lama ini.

Berkali-kali sutradara Titanic itu meyakinkan bahwa Avatar versi re-release ini punya kualitas yang akan bikin semua orang terpana. Bahkan Jim, panggilan akrabnya, terpana dengan hasil akhir remastered Avatar tersebut.

James Cameron juga dengan senang hati menyambut kedatangan penonton baru yang akhirnya bisa menyaksikan Avatar di layar lebar. Mereka diharap bisa menikmati film ini sebagaimana orang-orang menikmatinya 12 tahun lalu.

"Avatar jadi film yang lebih baik dari yang pernah kalian lihat sebelumnya. Dan tentu saja saat ini ada banyak orang di luar sana, generasi penggemar film yang baru akan datang juga melihatnya. Meski mereka sudah melihat Avatar di platform streaming atau Blu-ray atau di mana pun, mereka belum benar-benar menonton kalau belum melihat film ini di layar yang seharusnya yakni bioskop. Kami belum lama ini menyaksikannya lagi setelah proses remastering dan kami takjub. Kami sangat puas dengan bagaimana hasil akhir film ini," tutup James Cameron.

Dalam kesempatan yang sama, Zoe Saldaña (Neytiri) juga mengenang pengalaman pertamanya saat melihat Avatar di layar besar. Dia masih ingat sensasi yang dirasakannya saat itu.

"Aku benar-benar shock dan rasanya seperti rohku keluar dari tubuhku. Benar-benar imersif dan tidak seperti yang pernah kita lihat sebelumnya. Aku menilai pengalaman ini sebagai sesuatu yang membuatku rendah hati, karena awalnya kita tidak langsung keluar sebagai film yang besar, tapi kemudian arusnya semakin deras dan kencang. Aku menyaksikan sesuatu yang benar-benar luar biasa dan itu membuatku merasa rendah hati," tutur Zoe.

Avatar rencananya akan tayang lagi di bioskop Amerika Serikat pada 23 September 2022. Kita masih harus menunggu pengumuman resmi buat tanggal tayang di bioskop Indonesia.

Sementara itu, sekuel Avatar yang akan datang di Desember bakal kembali menghadirkan Sam Worthington dan Zoe Saldaña. Film itu juga kembali dibintangi oleh Stephen Lang, Giovanni Ribisi, Joel David Moore, Dileep Rao, CCH Pounder, dan Matt Gerald.

Sederet nama baru yang juga bergabung dalam proyek tersebut. Termasuk Kate Winslet, Michelle Yeoh, Cliff Curtis, Edie Falco, Brendan Cowell, Jemaine Clement, Oona Chaplin, Vin Diesel, dan CJ Jones.

Avatar: The Way of Water akan dirilis di bioskop 16 Desember 2022.



Simak Video "Kolonel Miles Hidup Lagi di Avatar 2, Ini Kata Stephen Lang"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT