Jelang Pemakaman, Pangeran William-Harry Jaga Peti Jenazah Ratu Elizabeth II

ADVERTISEMENT

Jelang Pemakaman, Pangeran William-Harry Jaga Peti Jenazah Ratu Elizabeth II

Tia Agnes Astuti - detikHot
Minggu, 18 Sep 2022 08:23 WIB
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 17: Prince William, Prince of Wales, Prince Harry, Duke of Sussex, Princess Eugenie of York, Princess Beatrice of York, Peter Phillips, Zara Tindall, Lady Louise Windsor, James, Viscount Severn arrive to hold a vigil in honour of Queen Elizabeth II at Westminster Hall on September 17, 2022 in London, England. Queen Elizabeth IIs grandchildren mount a family vigil over her coffin lying in state in Westminster Hall. Queen Elizabeth II died at Balmoral Castle in Scotland on September 8, 2022, and is succeeded by her eldest son, King Charles III. (Photo by Yui Mok-WPA Pool/Getty Images)
Foto: Getty Images/WPA Pool
Jakarta -

Dua hari jelang pemakaman Ratu Elizabeth II, delapan cucunya termasuk Pangeran William dan Harry ditugaskan untuk berjaga di sekitar peti jenazahnya. Atas permintaan Raja Charles, Pangeran Harry mengenakan seragam militernya untuk pertama kalinya sejak 2020.

Sejak meningggal, Pangeran Harry mengenakan pakaian sipil di acara-acara publik sejak sang ratu meninggal. Ini adalah momen pertama kalinya dalam sejarah ke-8 cucu dari ikut serta dalam upacara tersebut.

Ke-8 cucu yang berjaga di sekitar peti jenazah Ratu Elizabeth II selain William dan Harry, adalah Peter Phillips dan Zara Tindall atau anak-anak Putri Anne. Ada juga anak-anak dari Pangeran Andrew yakni Putri Beatrice, Eugenie.

Serta Lady Louise Windsor dan James, Viscount Severn yang merupakan anak-anak dari Pangeran Edward. Dia adalah anak bungsu dari Ratu Elizabeth II.

Peter Phillips menjadi cucu tertua dari sang ratu, sedangkan yang termuda adalah James, Viscount Severn yang kini baru berusia 14 tahun.

Pangeran William memimpin rombongan para cucu saat memasuki Westminster Hall, London, Inggris. Saat memasuki kastil, kepala mereka tegak sampai menuju di sekitar peti jenazah Ratu Elizabeth II, ke-8 cucu mulai menundukkan kepalanya.

Putra sulung Raja Charles itu berdiri di bagian kepala peti mati Ratu dan saudaranya di ujung yang berlawanan. Penjagaan cucu dimulai pukul 18.01 WIB waktu Londond dan berlangsung sekitar 15 menit.

Sebelumnya pada Jumat malam, anak-anak Ratu termasuk raja melakukan prosesi serupa, dan berjaga sekitar 10 menit. Dalam pernyataan bersama, mereka mengatakan Ratu Elizabeth II merupakan nenek tersayang.

"Ini merupakan kehormatan bagi hidup kami untuk menjadi cucu perempuanmu dan kami sangat bangga," kata Beatrice dan Eugenie.

"Ratu adalah ibu pemimpin kami, pemandu kami, tangan kami yang penuh kasih, dan memimpin kami melalui dunia ini. Anda tidak pernah tahu dampak yang diberikan pada keluarga kami dan begitu banyak orang di seluruh dunia," sambungnya.



Simak Video "Deretan Pemimpin Dunia yang Bakal Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT