Avatar Resmi Tayang Lagi di Bioskop September dengan Kualitas Lebih Epik

ADVERTISEMENT

Avatar Resmi Tayang Lagi di Bioskop September dengan Kualitas Lebih Epik

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 24 Agu 2022 13:48 WIB
Avatar tayang lagi di bioskop September 2022.
Foto: dok. 20th Century Studios
Jakarta -

Di tahun 2009, Avatar tayang dengan teknologi 3D. Penonton menyaksikan film itu dengan kacamata khusus di ruang gelap dan layar besar bioskop. Sebuah pengalaman epik yang menjadi terobosan kala itu. 13 tahun berlalu, film pertama Avatar bakal tayang lagi di bioskop dengan kualitas yang jauh lebih baik, meski tanpa teknologi 3D.

20th Century Studios mengumumkan lewat rilis resmi mereka pada Rabu (24/8/2022), Avatar bakal tayang di bioskop pada September 2022. Kualitas video dan audio dari film itu ditingkatkan, sehingga nantinya penonton bisa menyaksikan dalam kualitas 4K dan High Dynamic Range yang menakjubkan.

Penayangan kembali Avatar di bioskop sekaligus jadi momen buat fans untuk mengingat kembali cerita film pertama, sebelum nanti film kedua Avatar: The Way of Water tayang di bioskop pada Desember 2022. Sebelumnya, Avatar memang tayang di platform streaming Disney+ namun pekan lalu film itu diam-diam hilang dari platform tersebut, karena bakal tayang lagi di bioskop.

Avatar ditulis dan disutradarai oleh James Cameron, sutradara pemenang Oscar yang juga menjadi kepala buat film-film Avatar selanjutnya. Dibintangi oleh Sam Worthington dan Zoe Saldaña di jajaran pemeran utama, Avatar berkisah tentang eksplorasi di planet Pandora dan suku Na'vi.

Film pertama Avatar mendapatkan sembilan nominasi di Oscar, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Di tahun 2009, film itu juga memenangkan tiga Oscar untuk kategori Sinematografi Terbaik, Desain Produksi, dan Efek Visual.

Penayangan ulang Avatar ditandai dengan perilisan poster baru yang menampilkan shot close-up Neytiri. Warna kulit Neytiri yang biru terlihat berkilau dan lebih tajam, mengisyaratkan film itu akan hadir lagi dengan kualitas yang lebih jernih dari sebelumnya.

Itu bukan pertama kalinya Avatar dirilis ulang di bioskop. Sebelumnya film tersebut pernah juga tayang lagi di bioskop di Tiongkok yang membuat pemasukan filmnya bertambah dan bisa merebut posisi sebagai film terlaris di dunia dari Avengers: Endgame.

Avatar rencananya akan tayang lagi di bioskop Amerika Serikat pada 23 September 2022. Kita masih harus menunggu pengumuman resmi buat tanggal tayang di bioskop Indonesia.

Sementara itu, sekuel Avatar yang akan datang di Desember bakal kembali menghadirkan Sam Worthington dan Zoe Saldaña. Film itu juga kembali dibintangi oleh Stephen Lang, Giovanni Ribisi, Joel David Moore, Dileep Rao, CCH Pounder, dan Matt Gerald.

Sederet nama baru yang juga bergabung dalam proyek tersebut. Termasuk Kate Winslet, Michelle Yeoh, Cliff Curtis, Edie Falco, Brendan Cowell, Jemaine Clement, Oona Chaplin, Vin Diesel, dan CJ Jones.

Avatar: The Way of Water akan dirilis di bioskop 16 Desember 2022.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT