Doctor Strange 2 Jadi Pembuka Jalan ke Film MCU Secret Wars

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 12 Mei 2022 17:30 WIB
Teaser trailer Doctor Strange in the Multiverse of Madness dirilis. Wanda sang Scarlet Witch jadi salah satu yang mencuri perhatian.
(Foto: dok. Marvel Studios) Doctor Strange in the Multiverse of Madness bukanlah akhir dari cerita kekacauan di multiverse, justru jadi gerbang pembuka buat proyek Marvel selanjutnya.
Jakarta -

Doctor Strange in the Multiverse of Madness merupakan puncak dari serangkaian kejadian di Marvel Cinematic Universe yang sudah ditanamkan lewat WandaVision, Loki, hingga Spider-Man: No Way Home. Tapi ini bukanlah akhir dari cerita kekacauan di multiverse, justru jadi gerbang pembuka buat proyek Marvel selanjutnya.

Di fase MCU sebelumnya, fans mendapat sederet film crossover Avengers hingga Avengers: Endgame. Buat fase berikutnya, Marvel dikabarkan tengah menuju sebuah proyek akbar yakni Secret Wars. Detail-detail dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness menjadi hal penting buat Secret Wars.

Secret Wars merupakan cerita yang dirilis tahun 2015 dan ditulis oleh Jonathan Hickman. Sosok yang sama juga menulis cerita Fantastic Four, The Avengers, hingga New Avengers, lalu menyatukan cerita yang pernah ditulisnya ke dalam sebuah bentrokan di multiverse. Sosok Doctor Doom jadi sangat penting dalam Secret Wars, tapi yang tidak kalah penting adalah istilah 'inkursi' yang diperkenalkan lewat Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Secret Wars disebut-sebut akan jadi film sekelas Avengers: Endgame, jadi ada kemungkinan kita baru bisa menyaksikannya dalam beberapa tahun. Masih ada sederet cerita yang harus dirilis dan diperlihatkan untuk membangun kisah menuju ke Secret Wars. Tentu ini termasuk reboot Fantastic Four setelah (spoiler alert) John Krasinki muncul sebagai Richard Reeds atau Mr. Fantastic di Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Rencana Secret Wars dan pentingnya momen-momen Doctor Strange in the Multiverse of Madness bukan sekadar spekulasi. Penulis skenario sekuel Doctor Strange 2, Michael Waldron, beberapa kali mengisyaratkan soal sebuah perang besar antar-semesta ini.

Dalam wawancara dengan Gizmodo, Michael Waldron menyebut Marvel punya pola yang sama dalam hal memperkenalkan karakter-karakter dan membangun cerita menuju Secret Wars seperti yang dia lakukan di fase sebelumnya.

"Mereka dengan cepat mengisyaratkan ada Thanos, lalu Thor dirilis dan film pertama Avengers juga ada ancaman dari planet lain. Lalu datang Thanos. Jelas sekali ada perkembangan cerita yang besar di sana. Jadi kurasa multiverse (fase yang kali ini) juga akan serupa itu," kata Michael Waldron.

Dijelaskan lagi olehnya, Marvel ingin membawa MCU ke alam semesta yang lebih luas. Disebut Michael Waldron, MCU akan meninggalkan bumi dan pergi ke planet lain dan multiverse dalam perjalanan cerita selanjutnya.

"Jadi ya kita akan melihat apa yang terjadi dengan inkursi. Ini bukan kabar baik," katanya.

Selepas Avengers: Endgame, MCU sudah kehadiran banyak karakter baru termasuk para Eternals, Shang-Chi, karakter-karakter dari Spider-Verse, varian Loki, varian semua karakter di multiverse, Kate Bishop dari Hawkeye, hingga Moon Knight. Tak lama lagi akan ada Ms Marvel juga yang akan semakin menambah warna buat cerita MCU di film crossover mereka nanti.

(aay/mau)